Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 02 2020

    Tidak Bisa Hidup Tanpa Teman, Berikut 5 Trivia tentang Kambing!

    Kawula Muda, sudah tahu banyak tentang hewan yang satu ini belum?

    Kambing. (FREEPIK)

    Terkenal dengan baunya yang khas, kambing menjadi salah satu binatang ternak dan juga sumber makanan olahan favorit bagi banyak orang. Sebut saja sate kambing, tongseng, nasi gulai kambing, gulai kambing, tengkleng, sampai susu kambing.

    Bertepatan dengan jatuhnya 10 Dzulhijjah pada 30 – 31 Juli 2020, kita akan membahas lima trivia atau fakta unik hewan paling dicari saat Hari Raya Idul Adha ini, yang mungkin belum diketahui banyak orang.

    1. Semakin bau, semakin jantan

    Hewan berkaki empat yang satu ini memang terkenal dengan baunya yang menyengat. Banyak orang yang tidak tahan dan menjadi mual jika mencium baunya, bahkan bagi para pencinta makanan olahan kambing sekalipun.

    Ternyata, bau prengus yang dikeluarkan oleh kambing berfungsi untuk membuat lawan jenis tertarik dan sebagai tanda bahwa ingin melanjutkan keturunan. Semakin tajam bau yang keluar, semakin terlihat jantan dan gagah si kambing di depan lawan jenisnya.

    Secara ilmiah, bau prengus kambing akan memacu ovulasi dan menghasilkan reaksi hormonal berantai di otak kambing betina. Maka dari itu, kambing akan menjadi sangat bau pada musim kawin.

    KAMBINGKambing. (FREEPIK)

     

    2. Pendaki yang tangguh

    Meskipun terkenal sebagai hewan yang lembut dan jinak, siapa sangka ternyata kambing merupakan hewan yang tangguh dalam urusan mendaki.

    Terbukti, kambing merupakan salah satu hewan yang pintar dan memiliki kemampuaan koordinasi yang sangat baik. Itulah sebabnya mengapa kambing mampu mendaki gunung dengan jalan yang curam, penuh pepohonan, bahkan bendungan.

    Jenis kambing yang terkenal sebagai pendaki ulung yang mampu menaklukkan ketinggian adalah Ibex Alpen.

    3. Rentan depresi jika hidup sendirian

    Layaknya manusia, ternyata kambing juga memiliki potensi untuk merasakan depresi. Salah satu pemicunya ialah jika tidak memiliki teman atau hidup sendirian. Normalnya, kambing memiliki 5 – 20 ekor dalam satu kelompoknya.

    Jika sendiri, kambing akan lebih mudah sakit. Selain itu, akan terjadi dua kemungkinan pada kambing yang stres, yakni diam saja tidak bergairah melakukan kegiatan apa pun bahkan untuk makan, atau menjadi gelisah seperti sering melenguh, loncat-loncat, mengamuk, dan mengembek terus-terusan.

    Satu dari sekian banyak dampak yang paling terasa dari kambing yang stres adalah dagingnya. Daging dari kambing yang stres dan depresi semasa hidupnya cenderung alot dan memiliki bau yang tajam.

    KAMBINGKambing. (FREEPIK)

     

    4. Kambing the explorer

    Kambing ternyata merupakan hewan yang hobi berpetualang dan menjelajah lingkungan sekitar. Menggunakan beberapa bagian tubuh mereka yang sensitif seperti bibir dan lidah, mereka mampu mendatangi wilayah asing yang belum pernah dilewati.

    5. Senang berteman dengan manusia

    Ternyata kambing juga bisa menjadi salah satu hewan pilihan yang tepat untuk dijadikan peliharaan. Hal tersebut karena kambing merupakan sosok hewan yang ramah dan dapat mengerti emosi dan perasaan manusia dengan baik.

    Kambing juga senang jika diajak bermain oleh manusia. Layaknya anjing dan kucing, mereka bisa melompat-lompat kegirangan dan menggoyangkan ekor jika suasana hatinya sedang baik.

    Editor Team

    COMMENT