Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 27 2021

    TikToker Viral Setelah Tuduh Converse Curi Desainnya saat Hendak Melamar Menjadi Pegawai Magang!

    Gimana menurut lo, Kawula Muda, kira-kira ini kebetulan atau bukan, yaaa??

    Tampilan Converse Chuck 70 National Parks yang dituduh mirip dengan desain Cecilia Monge. (planetsports.asia)

    Seorang desainer sekaligus TikToker asal Florida, Cecilia Monge, menyebut Converse telah mencuri desain sepatu buatannya yang sempat ia ajukan ketika ingin melamar menjadi pegawai magang dua tahun silam.

    Klaim tersebut disampaikan Monge melalui unggahan video TikTok. Dalam videonya, ia membandingkan tampilan Converse Chuck 70 National Parks dengan desain sepatu buatannya.

    Menurut Monge, ia sempat mengajukan lamaran sebagai desainer magang di Converse pada 2019 lalu. Kala itu, Monge melampirkan ide desain sepatu, lengkap dengan color palette yang terinspirasi dari warna-warna di taman nasional AS.

    Sayangnya, beberapa waktu setelahnya, Monge justru mendapati gambar seri sepatu Converse yang mirip dengannya mulai beredar. Menurut Monge, hal tersebut bukanlah kebetulan. Dikutip dari Buzzfeed News, Monge bahkan berharap perusahaan dapat mengakui perbuatannya.

    Di sisi lain, Converse mengonfirmasi bahwa Cecilia Monge pernah melamar untuk menjadi salah satu pegawai magang di perusahaannya. Namun, perwakilan perusahaan mengungkapkan bahwa tidak ada syarat melampirkan desain sepatu sebagai portofolio pelamar. Selain itu, pihaknya juga secara tegas menyatakan bahwa desain sepatu pada Converse Chuck 70 National Parks telah dibuat sebelum perusahaan menerima pengajuan lamaran Monge.

    Monge menyadari bahwa desain sepatu yang ia kirimkan sebenarnya memang tidak diperlukan. Akan tetapi, dalam rangka menunjukkan keinginan besarnya untuk memperoleh posisi tersebut, Monge rela memberikan portofolio ekstra.

    “Saya sangat bersemangat, jadi saya melangkah lebih jauh (dengan mengirimkan desain sepatu),” ungkap Monge dalam videonya.

    @ceci.monge

    Ouch @converse ##internship ##design ##smalldesigner ##plzstopstealing ##fashion ##TWDSurvivalChallenge ##fyp

    ♬ original sound - Ceci.monge

    Setelah berpikir dan berkonsultasi dengan keluarganya, Monge memutuskan untuk mengunggah video terkait hal ini di TikTok. Video tersebut menjadi viral hingga akhirnya Monge secara pribadi dihubungi oleh pihak perusahaan.

    Dalam keterangan yang dikirim melalui e-mail. Converse menyebut pihaknya membutuhkan waktu 12–18 bulan untuk melalui proses pengonsepan hingga pembuatan sepatu. Tim desain Converse disebut telah mulai bekerja pada November 2018 hingga akhirnya merilis hasil pertama seri Chuck 70 pada Oktober 2020. Adapun, inspirasi untuk desain sepatu tersebut diambil dari pola peta badai Nor’easter.

    Sayangnya, ketika media BuzzFeed News mencoba meminta dihubungkan dengan pencipta dan tim kreatif di balik Converse Chuck 70 National Parks, juru bicara Converse mengatakan tidak dapat membagikan portofolio tim tersebut.

    Perdebatan Converse dan Monge lantas menuai perhatian warganet. Beberapa pihak bahkan mengkritik Converse akibat dinilai mencuri karya dari para profesional.

     “@Converse mengapa Anda mencuri dari para profesional dan tidak mempekerjakan mereka?” tutur salah satu warganet, seperti dikutip dari CNN Indonesia.

    Editor Team

    COMMENT