Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 15 2022

    Tilik Sejarah Pemilik Porsche yang Ajak Kolaborasi Jennie BLACKPINK!

    Kawula Muda, Ferdinand Porsche merupakan salah satu insinyur otomotif terbaik di dunia!

    Penampakan Mobil Porsche yang Didesain Spesial Oleh Jennie BLACKPINK (Koreaboo)

    Jennie BLACKPINK belum lama ini melakukan kolaborasi dengan salah satu perusahaan otomotif mewah, Porsche.

    Menurut laman resmi Porsche, kolaborasi dengan Jennie BLACKPINK adalah sebagai bentuk representasi program Sonderwunsch yang bakal segera diluncurkan.

    Program Sonderwunsch memungkinkan para pelanggan Porsche untuk mendesain sendiri mobil impian mereka.

    Jennie merancang mobil Porsche Taycan 4S Cross Turismo dengan desain warna hitam metalik dan sentuhan warna meissenblue di bagian eksterior dan interior mobil yang menghadirkan kesan elegan.

    Porsche memang memiliki kelas tersendiri dalam industri otomotif dunia. Tidak hanya Jennie BLACKPINK, sejumlah produksi film kelas dunia juga sering bekerja sama dengan Porsche, di antaranya adalah film Top Gun.

    jennieJennie dengan Mobil Porsche Miliknya (Koreaboo)

     

    Merek Porsche diambil dari nama pendirinya yaitu Ferdinand Porsche.

    Siapa sebenarnya Ferdinand Porsche dan kenapa akhirnya dia bisa membangun kerajaan otomotif berkelas dunia tersebut?

    Sejarah Porsche

    Ferdinand Porsche merupakan insinyur otomotif asal Austria, yang lahir pada 3 September 1875 di Maffersdorf. Pada 1893, saat dia masih berusia 18 tahun, Porsche mendapatkan pekerjaan di Bela Egger & Co, sebuah perusahaan listrik di Wina, yang kemudian berganti nama menjadi Brown Boveri.

    Di tahun yang sama, ia juga terdaftar sebagai mahasiswa Imperial Technical University di Reichenberg yang sekarang disebut sebagai Vienna University of Technology.

    Tahun 1897, Porsche mulai membuat sebuah electric wheel-hub motor. Tiga tahun kemudian, kemampuan rekayasa mesin Porsche menjadi sorotan dunia internasional.

    Pada 1900, Porsche memulai debut pertamanya di industri otomotif dengan mengikuti L’Exposition Universelle De Paris, sebuah pameran mobil paling bergengsi saat itu. Pria yang menyukai teknologi dan hal-hal yang berhubungan dengan listrik ini menampilkan ciptaannya yaitu kendaraan elektrik berkecepatan lebih dari 35 meter per jam. Ia pun langsung mendapatkan pengakuan internasional.

    Saat usianya masih 31 tahun, Porsche sudah mendapat tanggung jawab untuk merancang berbagai model mobil di salah satu perusahaan otomotif terbesar di Eropa. Ia kemudian berhasil memenangi Prinz Heinrich Fahrt pada 1910 setelah mengendarai mobil Austro-Daimler yang ia rancang sendiri.

    Tidak hanya mesin mobil, Porsche juga sempat merancang mesin pesawat terbang. Beberapa ahli menganggap bahwa mesin pesawat buatan Porsche merupakan mesin paling andal di dunia.

    Pada 1916, Ferdinand Porsche menjadi direktur umum Perusahaan Austro-Daimler, yang kemudian bergabung dengan Mercedez Benz pada 1920-an. Saat itu, Porsche bertanggung jawab untuk merancang beberapa mobil balap keluaran Mercedes.

    Pada 1917, Porsche sempat menerima gelar doktor kehormatan oleh Technical University Imperial. Hingga akhirnya, pada 1931, Porsche memutuskan untuk meninggalkan Daimler dan memilih membangun usahanya sendiri.

    Awalnya, Porsche menggambar desain mobil di kamar tidur anaknya yang bernama Ferdinand Anton Ernst Porsche alias Ferry. Ia kemudian pindah ke Stuttgard pada 1931 dengan menyewa satu ruangan di pusat kota untuk perusahannya. Lalu, ia mendaftarkan perusahaan otomotifnya dengan nama Porsche.

    Beberapa tahun kemudian, Adolf Hitler meminta Porsche untuk membantu produksi ‘mobil rakyat’ untuk masyarakat Jerman. Porsche pun kemudian merancang prototype untuk Volkswagen asli yang dikenal sebagai Kraft durch Freude (KDF) pada 1936. Ia juga merancang model awal dari VW Beetle milik Volkswagen.

    Pada 1937, Porsche dianugerahi Hadiah Nasional Jerman untuk Seni dan Sains.

    PORSCHEFerdinand Porsche, pendiri perusahaan otomotif Porsche. (TWITTER)

     

    Porsche mulai mendirikan perusahaannya sendiri pada 1939. Saat itu, dia dikenal sebagai teknisi yang menciptakan mobil pertama keluaran Volkswagen.

    Selama Perang Dunia II, Porsche turut terlibat dalam merancang kendaraan militer, salah satunya tank Tiger.

    Namun, Prancis justru menuduh Porsche telah melakukan kejahatan perang dan memenjarakannya selama lebih dari setahun.

    Ferry, anak Porsche kemudian berjuang keras untuk menjaga perusahaan keluarga tersebut agar tetap bertahan. Dia membuat mobil balap Grand Prix Type 360 Cisitalia untuk seorang pengusaha kaya Italia. Ferry lalu menggunakan uang bayarannya untuk menebus jaminan sang ayah.

    Ketika Porsche dibebaskan dari penjara, dia bersama Ferry kemudian berencana membuat mobil sport baru yang akan diberi nama Porsche. Mobil itu diberi nama Tipe 356 yang rancangannya mengikuti bentuk Cisitalia.

    Pada 1947, mobil Porsche Tipe 356 mulai masuk produksi dan menggunakan prototype aluminium yang secara keseluruhan dibuat menggunakan tangan. Mobil tersebut akhirnya selesai digarap pada 8 Juni 1948.

    Jerman kemudian mengajak Porsche untuk mengembangkan Volkswagen. Dengan dana yang diperolehnya, Porsche kemudian membuka kantor baru di Stuttgart dan berencana memproduksi 500 mobil per tahun.

    Dua dekade berikutnya, perusahaan Porsche berhasil membuat lebih dari 78.000 kendaraan dan kemudian dikenal sebagai salah satu merek mobil mewah dan ternama di dunia.

    Porsche meninggal dunia pada 1951 setelah beberapa bulan menderita stroke. Berkat pengaruh dan kontribusinya pada dunia otomotif, namanya masuk dalam Hall of Fame Otomotif. Ia juga dinobatkan sebagai Insinyur Mobil Abad Ini pada 1999 oleh Global Automotive Elections Foundations.

    Editor Team

    COMMENT