Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 14 2022

    Tips Buat Password Biar Enggak Gampang Dijebol Hacker

    Kawula Muda, kalian juga bisa cek kekuatan password biar enggak gampang dihack!

    Ilustrasi password. (FREEPIK)


    Nama hacker Bjorka saat ini tengah ramai diperbincangkan. Selain meretas data pribadi milik Menteri Komunikasi Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, Bjorka juga meretas data Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri BUMN Erick Thohir, dan sejumlah orang penting lainnya.

    Ia juga mengaku telah berhasil meretas dokumen rahasia Presiden Joko Widodo dan BIN, meski hal itu kemudian dibantah.

    Di era serba digital ini, password merupakan salah satu sistem keamanan yang menjadi hal standar untuk melindungi akun digital mulai dari email hingga media sosial agar tidak mudah diretas.

    Melansir dari kompas.com, password atau sandi memiliki fungsi untuk mengautentikasi pemilik akun agar tidak dipakai orang lain.

    Menurut CEO perusahaan keamanan computer Allure Security, Josh Shaul mengungkap bahwa kekuatan password dapat diukur dengan dua faktor yaitu panjang karakter dan kompleksitasnya.

    “Secara umum, semakin panjang kata sandinya, maka akan semakin sulit untuk ditebak dan semakin kuat pula,” kata Josh.

    Agar password kuat dan tidak mudah dibobol atau diakses oleh orang lain, maka diperlukan beberapa cara. Berikut ini adalah sejumlah tips untuk membuat password yang kuat agar tidak gampang diretas hacker, seperti yang dirangkum dari beberapa sumber.

    Jangan pakai password yang sama

    Agar mudah diingat dan tidak gampang lupa, biasanya banyak orang menggunakan password yang sama untuk semua akun. Ini harus dihindari. Lebih baik untuk setiap akun seperti media sosial, email, rekening bank, atau pun akun lainnya memiliki password sendiri-sendiri. Hal ini dilakukan agar hacker tidak mudah membobol semua akun pribadi yang penting.

    Jangan gunakan kata umum

    Hindari menggunakan password yang memakai kata-kata umum. Kata umum ini misalnya istilah atau kata-kata yang menyangkut dengan identitas pengguna, seperti nama lengkap, tempat kerja, nama organisasi, nama ibu, nama anak, makanan favorit, tempat favorit, tanggal ulang tahun, dan lain sebagainya.

    Kata umum juga bisa berarti istilah sehari-hari seperti  “selamat pagi”, “halo”, “12345”, “qwerty”, dan lain sebagainya.

    Gunakan kombinasi karakter

    Salah satu cara membuat password yang kuat adalah dengan menggunakan kombinasi karakter yang beragam mulai dari angka, huruf, simbol, dan juga karakter. Karakter huruf untuk membuat password bisa dengan kombinasi huruf kecil dan kapital. Dengan kombinasi yang sulit ini, hacker pasti akan merasa kesulitan untuk membobol akun penting, karena sulit untuk ditebak dan dilacak.

    Minimal 12 karakter

    Tips lainnya adalah jangan membuat password terlalu pendek. Walaupun biasanya media sosial ataupun email hanya membutuhkan 6-8 karakter, password yang paling kuat adalah minimal berisi 12 karakter. Gunakan juga frasa panjang yang unik, tidak diketahui oleh orang lain, tapi mudah diingat pengguna. Jangan menggunakan hanya satu huruf kapital atau karakter khusus. Terlebih jangan menempatkannya di awal atau akhir kata sandi, karena itu akan mudah ditebak.

    Cek kekuatan password

    Setelah merangkai sebuah password, pengguna bisa menguji kekuatan password dengan mengunjungi situs pengecek kekuatan password seperti situs security.org atau The Password Meter.

    Kawula Muda, ayo cek password akun kamu, kalau belum kuat lebih baik diganti dengan tips yang tadi ya!

    Editor Team

    COMMENT