Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 01 2021

    Tips Menjaga Keuangan Tetap Stabil Sambil Kredit Mobil

    Kawula Muda, siapa nih yang sering takut ambil kredit mobil?

    Ilustrasi mobil Toyota. (PIXABAY)

    Kawula Muda, kita kerap kali ragu ketika hendak mengambil kredit mobil. Takut keuangan menjadi kacau, takut tidak mampu membayar cicilan, hingga takut tidak mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

    Namun, faktanya, metode pembayaran kredit sebenarnya dibuat sebagai solusi masyarakat yang membutuhkan suatu barang dalam waktu dekat. Misalnya, Kawula Muda bisa kredit mobil Toyota melalui Blibli lengkap dengan simulasi kreditnya.

    Hadirnya simulasi kredit ini tentu akan memudahkan kamu untuk merencanakan keuangan yang lebih baik di masa depan, sehingga kredit tetap berjalan dan kepenuhan juga tetap terpenuhi.

    Berikut 7 tips yang bisa kamu ikuti untuk menjaga keuangan tetap stabil sembari mengambil kredit mobil: 

    1. Pilih Mobil yang Sesuai Kebutuhan

    Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mempertimbangkan antara kredit mobil bekas atau baru, karena pengaruhnya sangat besar pada harga. Pasalnya, kredit mobil bekas sering ditemukan jauh lebih mahal dibandingkan dengan mobil baru, mengingat ada berbagai biaya perawatan dan perbaikan yang harus dikeluarkan nantinya.

    Setelah itu, Kawula Muda perlu menyesuaikan spesifikasi mobil dengan kebutuhan dan rencana kamu di masa yang akan datang. Entah hanya untuk bepergian dalam kota atau ingin mudik ke luar kota.

    Rencana itu tentunya harus dilibatkan, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang lebih banyak lagi di kemudian hari.

    2. Pilih Mobil yang Irit

    Belakangan ini, sudah banyak mobil Toyota yang bisa menghemat bahan bakar, lho. Kamu pun tak perlu khawatir lagi akan pengeluaranmu untuk bensin, sehingga uang hasil penghematan itu bisa disimpan untuk perawatan mobil.

    3. Mempersiapkan DP dengan Tepat

    Ilustrasi down payment (DP)Ilustrasi down payment (DP). (PIXABAY)

     

    Meskipun kredit mobil Toyota tanpa DP bukanlah hal yang mustahil. Namun, DP tetap menjadi hal yang penting untuk memperkirakan biaya cicilan.

    Setidaknya, pilihlah DP minimal 30% dari harga mobil untuk meringankan kamu saat membayar cicilan. Semakin besar DP-nya, maka semakin baik pula besar cicilan yang ditawarkan setiap bulannya.

    4. Melakukan Simulasi untuk Menyesuaikan Anggaran

    Menyesuaikan kredit mobil Toyota dengan kemampuan merupakan sebuah keharusan.

    Untuk itu, Kawula Muda perlu melakukan simulasi terlebih dahulu, untuk berapa besaran biaya yang perlu dibayar dalam beberapa tahun ke depan.

    Masing-masing leasing biasanya menyediakan simulasi ini. Sementara itu, untuk hasilnya, sesuaikanlah dengan anggaran yang sedang kamu miliki.

    5. Memisahkan Setiap Rekening

    Banyak orang yang belum menyadari akan pentingnya memisahkan setiap rekening berdasarkan kebutuhannya. Langkah ini tentunya akan membuat kredit dan masing-masing kebutuhan kamu tidak terganggu.

    Selain itu, dengan membuat rekening khusus untuk cicilan mobil, Kawula Muda bisa menabung biaya perawatan mobil sehari-hari. Kamu pun tidak perlu khawatir lagi jika terjadi kerusakan pada mobil sewaktu-waktu!

    6. Memilih Tenor yang Lebih Singkat

    Ilustrasi menghitung cicilanIlustrasi menghitung cicilan. (PIXABAY)

     

    Tenor merupakan waktu yang disepakati untuk melunasi cicilan. Pemilihan tenor yang tepat tentunya akan berdampak besar terhadap keuangan. Semakin singkat tenornya, semakin baik pula pilihan itu.

    Sebagai patokan, Kawula Muda wajib memilih tenor yang tidak lebih dari usia ekonomis mobil.

    Perlu diketahui, semakin lama tenor yang kamu pilih, tentunya semakin tinggi pula bunga yang harus dibayar. Pun usia mobil yang semakin tua juga membutuhkan perawatan lebih banyak.

    7. Jangan Lupa Menabung

    Mengambil kredit mobil bukan berarti Kawula Muda tidak bisa menabung, lho. Jangan lupa untuk sisihkan penghasilan di luar kebutuhan seperti untuk dana darurat.

    Pastikan kamu menabung secara rutin, dan jadikanlah kegiatan menabung ini sebuah kewajiban yang harus dipenuhi setiap bulannya.

    Dengan rutinitas tersebut, tentunya kamu akan lebih bersemangat dalam melunasi cicilan. Pun dana tersebut bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang tak terduga, sehingga kredit mobil tidak akan terganggu.

    Selalu berhemat dan disiplin dalam mengatur keuangan menjadi kunci sukses kamu untuk kredit mobil Toyota. Selama keduanya disertai dengan perencanaan keuangan yang matang, tentu kredit mobil bukanlah hal yang sulit dilakukan!


    Editor Team

    COMMENT