Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 20 2022

    Titik-Titik Paling Ujung di Kepulauan Indonesia, Benarkah di Sabang dan Merauke?

    Hai Kawula Muda, di mana titik paling ujung dari Indonesia?

    Kepulauan Indonesia. (FREEPIK)

    Siapa yang tak kenal dan hafal lagu wajib Dari Sabang Sampai Merauke karya R. Suhardjo? Lagu ini memiliki lirik tentang luasnya negeri Indonesia yang membentang dari Sabang di ujung barat dan Merauke di ujung timur.

    Tapi, benarkah ujung barat dan ujung timur Indonesia terletak di kedua titik tersebut? Ternyata, ujung-ujung dari kepulauan Indonesia bukan terletak di Sabang dan Merauke.

    Berikut ujung-ujung Indonesia dari empat penjuru mata angin yaitu ujung barat, ujung timur, ujung utara, dan ujung selatan.

    Ujung Barat

    Titik paling barat dari Indonesia ternyata terletak di Pulau Benggala, Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

    Pulau ini berada di posisi sebelah barat dari Pulau Weh yang dulu sempat dianggap sebagai ujung paling barat Indonesia.

    Pulau yang tidak berpenduduk dan terdiri dari batu-batuan vulkanik ini terletak pada 5° 47′ 34″ Lintang Utara dan 94° 58′ 21″ Bujur Timur.

    Letaknya berada di Selat Benggala yang berbatasan langsung dengan perairan Laut Andaman dan Samudera Hindia.

    Dibanding dengan pulau-pulau lainnya posisi pulau dengan luas hanya sekitar 4 hektare dengan titik tertinggi di pulau ini yang hanya 14 meter di atas permukaan laut ini terletak di sebelah barat laut dari Pulau Breueh dan di sebelah barat Pulau Weh.

    Oleh masyarakat sekitar pulau Benggala disebut juga sebagai Batutigabelas, mungkin karena pulau ini terdiri atas beberapa gundukan batu yang membentuk gugusan pulau.

    Ujung Timur

    Titik paling timur Indonesia terletak di Muara Torasi, Kampung Kondo, Kecamatan Naukenjerai, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Muara ini dijaga ketat karena merupakan perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini.

    Muara Torasi (9°07′43″S 141°1′10″E) adalah bagian muara dari Sungai Bensbach yang terkenal dengan daerah wisata alam yang berada pada wilayah Papua Nugini, di mana terdapat pula Tugu Batas atau Meridien Monument (MM) no. 11 sampai dengan no. 14.

    Ujung Utara

    Titik paling utara Indonesia ternyata bukan terletak di Sulawesi Utara yang berbatasan dengan negara Filipina, namun terletak di Pulau Rondo, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh.

    Pulau yang tidak berpenghuni dan hanya dijaga oleh pos jaga TNI ini terletak di 16°4′30″ Lintang Utara dan 95°6′45″ Bujur Timur.

    Jika ditarik garis lurus ke arah timur, maka letaknya hampir sejajar dengan perbatasan Malaysia-Thailand, juga sejajar dengan sebuah wilayah Sandakan di Sabah Malaysia, dan mungkin sejajar dengan titik paling ujung pulau Mindanao, Filipina.

    Ujung Selatan

    Untuk ujung paling selatannya Indonesia berada di Pamana, sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah barat daya Pulau Rote.

    Secara administratif, Pamana termasuk wilayah Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

    Pulau Pamana terletak di koordinat 11°00′36″LS 122°52′37″BT, adalah titik paling selatan Asia yang terletak di Kepulauan Sunda Kecil.

    Editor Team

    COMMENT