Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 01 2021

    Tradisi Unik Tahun Baruan di Berbagai Negara, Bagian 2

    Hai Kawula Muda, sambut tahun baru dengan harapan baru!

    Selamat tahun baru 2021. (INSTAGRAM/LEADIUS)

    Tak hanya berkumpul bersama sambil makan ataupun melihat kembang api, beberapa negara di dunia memiliki tradisi unik dalam menyambut tahun baru.

    Dilansir Insider, berikut ini beberapa negara yang merayakan tahun baru dengan tradisi unik secara turun menurun.

    Kolombia dan Ekuador, bakar boneka

    Di Kolombia dan Ekuador, terdapat sebuah tradisi unik membakar boneka atau orang-orangan sawah pada malam tahun baru.

    Mereka membuatnya dalam ukuran besar sesuai dengan orang yang tidak disukai atau telah meninggal di tahun lalu, kemudian mereka akan membakarnya di tahun baru untuk meninggalkan yang buruk-buruk di masa lalu.

    Jepang, lonceng 108 kali untuk keberuntungan

    Tepat tengah malam di seluruh Jepang akan dibunyikan Lonceng Tahun Baru untuk keberuntungan.

    Joya no kane adalah upacara tradisional membunyikan lonceng pada Malam Tahun Baru di Jepang. Tradisi ini berasal dari kepercayaan Budha, di mana lonceng dibunyikan 108 kali untuk mewakili setiap keinginan duniawi atau dosa. Upacara biasanya diadakan di kuil Buddha.

    Afrika Selatan, membuang furnitur ke luar jendela

    Ada pemandangan unik jika melewatkan malam tahun baru di Hillbrow, Johannesburg, Afrika Selatan. Penduduk setempat akan melempar furnitur dari jendela gedung-gedung tinggi sebagai tradisi.

    Sebelumnya, mereka menimbun lemari es tua, sofa, dan lainnya pada minggu-minggu menjelang malam tahun baru.

    Sepertinya melempar barang-barang tua itu sebagai simbol membuang masalah lama untuk memulai awal baru. Namun, karena dianggap berbahaya, tradisi ini kini mulai jarang dilakukan.

    Chile, bermalam di kuburan orang tersayang

    Tradisi unik tahun baruan di wilayah Talca, Chile, adalah bermalam di kuburan untuk merayakan pergantian tahun bersama orang-orang tersayang yang telah meninggal.

    Tradisi seluruh keluarga berkumpul di kuburan bersama kerabat mereka yang telah meninggal ini seperti perayaan Hari Orang Mati di Meksiko.

    Turki dan Armenia, delima keberuntungan

    TAHUN BARU ARMENIATradisi tahun baruan di Armenia. (INSTAGRAM/FUNARMENIA)

     

    Di Turki, tradisi membuka buah delima pada malam tahun baru menandakan kekayaan dan kemakmuran di tahun baru yang akan datang.

    Sementara di Armenia, buah delima justru akan dibuang ke tanah untuk keberuntungan. Semakin banyak potongan dan benih yang disebarkan di tanah, semakin sukses tahun baru.

    Warna dan bentuk buah delima dikatakan menyerupai hati manusia dan melambangkan kehidupan, kesuburan, dan kesehatan.

    Rumania, tarian beruang pengusir roh

    Di Rumania sebuah tradisi unik malam tahun baru bernama ritual pagan atau tarian berung dilakukan untuk mengusir roh jahat.

    Selama ritual, para penari berpakaian seperti beruang yang berasal dari hutan Rumania dan gipsi yang merantai beruang, untuk melambangkan kematian tahun yang lalu dan kedatangan tahun baru.

    PAGAN RITUAL RUMANIARitual Pagan menyambut tahun baru di Rumania. (INSTAGRAM/TALKINGRINGS)

      

    Ekuador, berlari 12 kali membawa koper kosong

    Menyambut tahun baru, warga Ekuador akan berlarian di sekitar blok dengan koper kosong untuk mendapatkan keberuntungan dalam perjalanan di tahun mendatang.

    Menurut publikasi Ekuador, Gringo Tree, mereka akan masuk dan keluar dari pintu depan sebanyak 12 kali. Dikatakan juga, bila tidak ingin atau tidak mampu, mereka juga bisa melakukannya dengan tidak berlari.

    Editor Team

    COMMENT