Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 19 2023

    12 Nama Band Musik Populer Indonesia yang Ternyata Singkatan

    Kawula Muda, ternyata kreatif banget ya, band di Indonesia

    Ilustrasi nama band di Indonesia merupakan sebuah singkatan (ANTARA, INSTAGRAM, ALCHETRON)

    Kawula Muda, beberapa nama grup band musik Indonesia yang biasa lo dengar ternyata ada yang merupakan sebuah singkatan yang mungkin lo tak menyadarinya. 

    Salah satu grup band Indonesia yang namanya berasal dari singkatan adalah MALIQ & D’Essentials merupakan singkatan dari 'Music and Live Instrumental Quality'.

    Pasalnya, banyak penikmat musik Indonesia menganggap kata 'MALIQ' dalam MALIQ & D’Essentials merupakan nama seseorang, entah salah seorang personil maupun nama yang berhubungan dengan grup musik tersebut.

    Selain MALIQ & D’Essentials, di bawah ini adalah daftar nama band di Indonesia yang ternyata adalah singkatan. Lo sudah tahu, belum?

    1. Maliq & D’Essentials

    MALIQ & D'ESSENTIALGrup band MALIQ & D'Essential. (INSTAGRAM/MALIQ & D'ESSETIAL)

    Seperti yang sudah disebutkan di atas, MALIQ & D’Essentials merupakan singkatan dari Music and Live Instrumental Quality, loh. Pasalnya, mereka sudah nge-spill singkatan ini di salah satu lagunya yang berjudul “Beautiful Life”, di dalam lagu yang juga menceritakan perjalanan manggung mereka ini, terdapat penggalan lirik sebagai berikut.

    Though we got no money and still doing it for free

    For the sake of music and live instrument quality

    Didn't think the crowd would love it or even understand it

    But they actually sang and dance as long as we kicked it

    2. The SIGIT

    The SIGITThe SIGIT (INSTAGRAM/THESIGIT)

    Pada awalnya, nama The SIGIT memang diambil dari nama ayah sang vokalis, Kawula Muda. Namun, seiring berjalannya waktu, grup musik bergenre rock ini memutuskan untuk membuat akronim dari The SIGIT agar lebih keren, ucap mereka.

    "Akhirnya di Google, masa The SIGIT doang, kurang keren ya walaupun nama bapak saya ya," kata Rekti, vokalis The SIGIT mengutip Kompas. 

    The SIGIT akhirnya memiliki kepanjangan The Super Insurgent Group of Intemperance Talent. Jika lo memperhatikan, dalam beberapa penulisan, band The SIGIT kerap ditulis ‘The S.I.G.I.T’ yang menunjukkan bahwa nama The SIGIT memang merupakan sebuah akronim.

    3. Peterpan

    PeterpanGrup band Peterpan (PETERPAN)

    Mungkin sudah banyak Kawula Muda yang tahu jika Peterpan merupakan akronim dari ‘Pemuda Terminal Antapani’. Seperti yang diketahui, Antapani merupakan nama daerah di Bandung tempat band pelantun “Yang Terdalam” ini berasal.

    Meski mereka juga mengakui bahwa Peterpan terinspirasi dari salah satu tokoh kartun, para personilnya tidak menyangkal akan singkatan tersebut loh, Kawula Muda.

    4. SLANK

    Band SlankGrup band Slank (REPUBLIKA)

    Salah satu band legendaris Indonesia, nih. Nama SLANK ternyata terinspirasi dari kawan-kawan mereka yang sering menyebut mereka cowok slengean. Jadi, Slank merupakan kependekan dari kata slenge’an dan menggunakan huruf K biar lebih keren ucap para personil.

    5. SMASH

    SMASHGrup musik SMASH (KUYOU)

    Boy grup yang menandai era awal kemunculan grup musik ala Korea Selatan di Indonesia ini memang merupakan singkatan, Kawula Muda. Smash yang biasa juga ditulis SM*SH ini merupakan singkatan dari Seven Man as Seven Heroes, yang menandai ketujuh personil mereka.

    6. Dewa 19

    DEWA 19Dewa 19 rilis album "Terbaik Terbaik" dalam bentuk vinyl. (TWITTER)

    Jika lo mengira Dewa 19 merupakan sebuah band yang terinspirasi dari kata ‘dewa’ dan pria, rupanya hal tersebut tidak dibenarkan oleh para personil. Pasalnya, Dewa 19 merupakan kepanjangan dari Dhani, Erwin, Wawan, dan Andra yang disebut sebagai empat founding fathers Dewa 19, Kawula Muda.

    7. TRIAD

    TRIADGrup musik TRIAD (YOUTUBE)

    Sepertinya Ahmad Dhani memang hobi membuat singkatan untuk proyek musik yang ia garap ya, Kawula Muda. Salah satu proyek sampingan dari Dewa 19 di bawah manajemen Republik Cinta ini ternyata juga singkatan loh, TRIAD merupakan singkatan dari The Rock Indonesia and Ahmad Dhani, sebelumnya TRIAD dikenal dengan The Rock.

    8. SoulVibe

    soulvibeGrup musik SoulVibe (HAI)

    Grup musik SoulVibe juga merupakan singkatan dari 'Sound of Universal Love: Various Instrument Behaviour', loh. Grup musik yang populer dengan lagu “Biarlah (Hapus Cinta)” dan “Gerangan Cinta” ini dibentuk sejak tahun 2003.

    9. Kla Project

    Kla ProjectSalah satu grup musik legendaris Indonesia, Kla Project (CNN)

    Band yang menemani anak 90an galau ini juga merupakan singkatan dari para personilnya, loh. Diketahui, Kla Project merupakan singkatan dari keempat personil, yakni  Katon Bagaskara, Lilo, Adi Adrian dan Ari Burhani.

    10. Scaller

    ScallerGrup musik Scaller (INSTAGRAM/scaller_id)

    Salah satu band indie Indonesia yang sudah melakukan showcase ke beberapa negara, Scaller, ternyata kata Scaller sendiri tidak ada artinya di dalam bahasa Inggris, loh. Maka dari itu, duo Reney Karamoy dan Stella Gareth membuat nama Scaller menjadi sebuah singkatan dari 'Simply Call Reverse', di mana kata Reverse dianggap menjadi inti dari nama band ini yang mana ingin ‘kembali’ ke era musik tahun 60an hingga 90an.

    11. Yovie & Nuno

    yovie and nunoYovie & Nuno formasi lama (ALCHETRON)

    Banyak yang penasaran akan kata ‘Nuno’ di dalam nama Yovie & Nuno. Pasalnya, Yovie memang nama salah satu eks personilnya, Yovie Widianto.

    Yovie kemudian mengungkapkan bahwa Yovie & Nuno merupakan nama sebuah band.

    "Yovie & Nuno itu nama brand, nama merek sebuah band. Nama saya Yovie Widianto, bukan Yovie & Nuno. Nama itu memang sebuah kesatuan namanya Yovie & Nuno," ucap Yovie mengutip Kompas.

    Dan kata Nuno sendiri memiliki sebuah makna yang dalam, "Nuno itu artinya Numero Uno yang bermakna nomor satu, nama itu harapan dan doa ya," ujarnya.

    Jadi ingat ya, Kawula Muda. ‘Nuno’ itu ‘numero uno’, bukan nama orang...

    12. ST 12

    ST 12Grup musik ST 12 formasi awal (INSTAGRAM)

    Band dengan formasi awal Charly Van Houten, Pepeng, Pepep, dan mendiang Iman Rush ini memilih nama ST12 yang merupakan kependekan dari Jalan Stasiun Timur No. 12 yang menjadi markas band yang kini hadir dengan wajah baru.

    Kawula Muda, jadi itu 12 nama band Indonesia yang ternyata berasal dari singkatan. Kira-kira, ada lagi enggak ya, nama band Indonesia yang merupakan singkatan?

    Editor Team

    COMMENT