Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 19 2022

    5 Momen Paling 'Punk' Green Day, Bikin Ulah di TV sampai Banting Gitar!

    Kawula Muda ada yang mau ngerasain momen punk di konser Green Day?

    Green Day (USA TODAY NETWORK/Todd Plitt Via Reuters)


    Green Day merupakan salah satu band bergenre Punk Rock paling legendaris yang berasal dari Amerika. Band yang di kepalai oleh Billie Joe Armstrong pada lead vocal dan gitaris, Mike Dirnt pada backing vocal dan bassist, serta Tré Cool pada drum, dibentuk pada tahun 1987. 

    Selama perjalanan kariernya yang sudah lebih dari 30 tahun, banyak hal yang telah mereka lewatkan termasuk banyaknya prestasi yang Green Day sendiri berhasil menangkan, mulai dari Billboard Music Award, American Music Award, dan Grammy Award. 

    Namun demikian, tidak hanya sukses memenangi hati banyak orang dengan musik-musiknya, banyak hal yang dilakukan Green Day yang justru menjadi penanda bahwa mereka memanglah salah satu band Punk yang paling 'Punk'. 

    1. 'Mematikan' TV Australia


    Green Day memang bukan band sembarangan. Diundang di sebuah acara musik anak muda di salah satu TV di Australia dengan judul Recovery, Green Day justru membuat ulah dan membuat mereka harus pulang dikawal. 

    Selesai dari acara Recovery, Green Day justru menawarkan penampilan langsung dari lagu "The Grouch". Green Day menampilkan lagu tersebut di waktu prime time meski tidak dijadwalkan untuk manggung dengan membajak instrumen dari rumah produksi tersebut. Yang menjadi masalah adalah potongan lirik dari lagu "The Grouch" yang terlalu eksplisit.

    2. Protes Jennifer Aniston Enggak Datang

    Setelah Green Day menyelesaikan aksi panggungnya di acara The Tonight Show bersama Jay Leno. Setelah acara selesai, Green Day meninggalkan kekacauan di ruang ganti yang berantakan dengan seluruh sofa diolesi selai kacang dan sebuah boneka Elmo tergantung di sana. 

    Green Day kemudian mengakui bahwa tindakan mereka tersebut dilandasi oleh kemarahan mereka atas dibatalkannya kehadiran Jennifer Aniston di menit-menit akhir.

    3. Ubah Festival Musik jadi Perang Lumpur!

    Keberadaan Green Day dalam salah satu festival musik paling legendaris yang pernah ada, Woodstock, juga berhasil menciptakan salah satu momen paling 'Punk' yang pernah dilakukan oleh Green Day. 

    Pada festival Woodstock edisi 1994, saat sekitar 350.000 orang siap berdansa dan menari dengan lagu-lagu dari Green Day. Billie Joe Armstrong selaku vokalis dari band ini justru menginisiasi perang lumpur dengan menyuruh para penonton melempar lebih banyak lumpur. Tindakan yang dilakukan oleh Billie Joe ini menjadikan panggung dipenuhi lumpur. 

    4. Banting Gitar ketika Jadwalnya Time Out

    Salah satu aksi panggung paling punk yang dilakukan Green Day adalah ketika mereka tampil di iHeartRadio Music Festival 2012. Pada panggung Green Day kali ini, Billie Joe Armstrong berhenti membawakan lagu terakhir yang berjudul “Basket Case”. 

    Hal ini terjadi lantaran waktu panggung mereka yang dikurangi untuk memberi waktu tambahan kepada Usher. Green Day juga hanya diberi waktu sisa 1 menit ketika mereka sedang membawakan lagu "Basket Case". Tidak hanya itu, Billie juga berteriak memarahi penyelenggara dan panitia festival tersebut

    “Biar kutunjukkan padamu apa artinya satu menit itu, sialan!” teriak Billie sembari membanting gitarnya.

    5. Cover Lagu “She” Milik Kiss

    Dari sekian banyak momen punk yang pernah dilakukan dan dialami oleh Green Day, momen ini sepertinya menjadi momen paling berbeda dari yang lain. 

    Di ujung tur panjang dari album Dookie milik band tersebut, Green Day sukses membawakan aksi panggung yang memukau dan membuat riuh penonton. Setelah penonton memberikan tepuk tangan yang meriah dan meminta lagu lagi, Green Day memutuskan untuk kembali dan membawakan lagu milik KISS yang berjudul “She”.

    Kawula Muda mau merasakan juga sensasi 'Punk' nonton Green Day secara langsung? Bisa kok! Prambors Konser Bintang Jatuh hadir buat lo yang mau nonton Green Day di F1 Singapore 2 Oktober mendatang secara GRATIS. 

    Lo bisa ikut kuis Konser Bintang Jatuh dengan mengeklik link ini dan ikuti tata caranya yang mudah banget. Good luck, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT