Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 07 2022

    7 Idol K-pop Ini Punya Karier Selain di Atas Panggung, Ada CEO!

    Siapa idol favorit lo, Kawula Muda?

    Lagu 'That That' PSY dan Suga BTS (INSTAGRAM/42psy42)

    Menjadi bintang K-pop adalah karier yang melelahkan. Mereka membutuhkan pelatihan bertahun-tahun untuk memoles vokal dan keterampilan menari.

    Akan tetapi, ada beberapa idol yang memiliki karier di samping ia menjadi idol. Mulai dari memproduseri lagu, penulis buku, dan sebagainya. Seperti rangkuman idol K-pop berikut ini:

    1. Suga BTS - Produser


    Idol K-pop yang pertama dari boy grup BTS, Suga. Keterampilan memproduksi lagu telah dia tekuni sejak awal sebelum bergabung di BTS.

    Suga memproduksi musik untuk artis lain selain rekan satu labelnya. Beberapa dari itu, dia memenangkan penghargaan musik berkat karyanya yang kece, nih!

    Lagu-lagu yang pernah ditulis bersama Suga adalah 'Wine' oleh Suran, 'Eight' oleh IU, dan baru-baru ini 'That That' oleh PSY yang rilis Jumat ini

    2. Sandara Park - YouTuber


    Sandara Park memiliki kanal YouTube yang cukup aktif. Member dari grup 2NE1 ini menamai YouTubenya Dara TV.

    Di sana, Sandara membagikan kegiatan kesehariannya, baik pribadi maupun profesional.

    Selain Sandara ada idol lain, loh Kawula Muda. Ada Solar dari MAMAMOO, Amber Liu, dan Lee Suhyun dari AKMU, dan sebagainya.

    3. Zico - CEO


    Belajar mengembangi sebuah perusahaan bisa didapatkan juga saat mereka menjadi idol. Seperti Zico contohnya, kini dia menjadi CEO label KOZ Entertainment sejak 2019.

    Zico fokus pada kariernya sendiri sembari mengelola artis lain dalam labelnya. Dvwn (Re: Dawn), menjadi artis pertama yang menandatangani kontrak dengan agensi Zico. 

    Wah, keren banget Zico!

    4. Tablo Epik High - Penulis buku


    Melalui karya-karyanya yang puitis dan bijaksana, membuat Tablo membuat karier lain dengan menjadi penulis buku.

    Rapper yang satu ini, telah menerbitkan dua buku dalam bahasa Korea dan Inggris. Buku 'Pieces of You' dan 'BloNote' menjadi karyanya yang luar biasa.

    5. Eric Nam - Podcaster


    Eric Nam membuat podcast yang berjudul 'Daebak Show'. Dalam acara itu, dia membagikan pengetahuannya tentang sisi luar biasa dari industri K-pop.

    Acara ini tentunya sukses dan memiliki banyak subscribers. Kalau kamu belum nonton dan penasaran tentang dunia K-pop, boleh mampir ke YouTube Eric Nam, nih!

    6. Jessi - Host talkshow/acara ragam


    Rapper ini dikenal dengan spontanitas dan kelucuan dari pribadinya. Sifat itulah yang membuat Jessi digunakan dalam acara ragam atau talk show.

    Presentasinya di atas panggung dan saat di program acara, berbeda. Dijamin, kamu dibuat tertawa oleh Jessi!

    7. Fei - Koki


    Untuk beberapa idol K-pop, memiliki bakat yang lebih dari industri hiburan dan terbang ke memasak. Seperti dengan Fei yang memiliki keterampilan memasak yang patut diacungkan jempol.

    Akibat kehebatannya dalam kuliner, Fei mendapat tempat di banyak acara memasak. Penyanyi asal China ini, sempat berada di runner-up 'Master Chef Korea' di 2013 dan 'Celebrity dan Cook King Korea' pada tahun 2014.

    Selain menampilkan aksi yang hebat di dunia musik, para idol ini juga keren-keren di bidang karier lainnya, ya Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT