Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 28 2021

    Ryan Tedder, Vokalis OneRepublic Punya Prinsip yang Kuat akan Kehidupan

    Kawula Muda, siapa nih yang dulu sering banget dengerin Counting Stars?

    Ryan Tedder, vokalis band OneRepublic. (INSTAGRAM/RYANTEDDER)

    OneRepublic akhirnya kembali dengan album barunya, Human, setelah absen merilis album selama 5 tahun.

    Meskipun belum dirilis secara resmi, namun OneRepublic diketahui telah merilis single-nya lebih dulu, seperti Run, Better Days, dan Someday.

    Dalam konferensi pers, Ryan Tedder tampil dengan pakaian casual dan piano sebagai latar belakang videonya.

    Kenapa kamu memilih lokasi syuting Hollywood sebagai lokasi video klip "Run" dari awal hingga akhir?

    Ryan mengatakan bahwa ide itu datang dari sutradara komersil sukses bernama Thomas. "Ide Thomas merupakan ide yang brilian," tambahnya. Untuk melakukan syuting di lokasi itu pun diketahui tak murah.

    Ryan sama sekali tidak terpikir untuk membuat video klip di lokasi syuting Hollywood. Pasalnya, pada saat itu, Ryan tengah sibuk menggarap 4 album milik orang lain, dalam sebuah proyek yang berbeda. Jika kamu belum tahu, selain menjadi vokalis, Ryan juga merangkap sebagai penulis lagu dan produser.

    Banyak yang bilang kalau lagu "Better Days" itu tentang COVID-19, benar enggak sih?

    Ryan pun tertawa dan menjelaskan bahwa band-nya sendiri telah mengubah album Human beberapa kali. Rupanya, lagu "Better Days" dibuat satu minggu sebelum semua negara melakukan lockdown. "Mungkin itu yang membuat lagu 'Better Days' terlihat seperti lagu COVID-19," tambahnya.

    Lagu ini dibuat untuk orang-orang yang mengharapkan hal-hal yang lebih baik dalam hidup mereka. Dalam lagu ini, Ryan berusaha untuk menafsirkan hal itu dengan lirik yang tidak cheesy dan tidak terlalu frontal.

    Ryan mengungkapkan bahwa lagu ini terinspirasi dari dirinya yang sering memikirkan bagaimana caranya kita bisa menjalani hidup dengan baik, bagaimana dunia bisa menjadi tempat yang lebih baik untuk orang lain, dan bagaimana mempedulikan orang lain seperti kita mempedulikan diri sendiri. 

    "Empati dan kebaikan, itu merupakan dua hal yang sangat berarti," jelasnya.

    Apa yang membuat OneRepublic tak merilis album selama 5 tahun?

    Ryan mengungkapkan bahwa ia sempat ragu untuk melanjutkan karirnya sebagai vokalis band pop rock itu. Selama sepuluh tahun lamanya, Ryan sangat sibuk hingga tak memiliki waktu dengan keluarga. Bahkan, dirinya mengaku sempat bertemu dengan keluarganya hanya beberapa hari dalam waktu tiga bulan.

    Orang-orang yang terlibat dalam proyek penulisan lagu yang dikerjakan Ryan pun menanyakan alasan Ryan tak lebih fokus dalam grup musiknya, mengingat dirinya bekerja sama dengan penyanyi-penyanyi lainnya. Itulah yang membuat Ryan kembali serius dengan OneRepublic. 

    "Aku sangat berterima kasih kepada mereka karena telah mengingatkan hal itu," ujarnya.

    HumanCover album Human. (INSTAGRAM.COM/ONEREPUBLIC)

     

     

    Apa lagu yang paling sulit bagi kamu dalam album Human?

    "Someday," sebutnya. Ryan mengklaim bahwa lagu ini merupakan lagu dengan lirik dan konsep yang sangat bagus. Baginya, lirik lagu Someday sangat menusuk relung hatinya.

    Ryan kemudian menceritakan bagaimana masa kecilnya bisa menjadi inspirasi untuk lagu Someday.

    "Aku selalu berpikir, tempat mana lagi yang harus aku kunjungi. Aku mengerjakan 5 hingga 6 album dalam satu waktu. Aku adalah tipe orang yang mau mencoba semuanya, tapi di satu sisi pasti semua itu tidak akan bisa. Aku ingin bertemu dengan orang, aku ingin pergi ke kota lain, dan lain sebagainya. Lagu ini sebenarnya ingin menjelaskan kalau kehidupan itu sangat singkat. Berdiri, bangun, dan pergi ke luar sana. Tidak perlu berpikir terlalu lama. Itulah prinsipku dalam kehidupan," terang Ryan.

    Ryan pun mengatakan bahwa distraksi yang datang dari media sosial, berita buruk, dan hal-hal lain itu merupakan hal yang tidak penting. Ia menambahkan bahwa jika kita fokus dengan satu titik, kita tidak akan terganggu dengan hal-hal negatif. 

    Itulah pesan-pesan penting dari Ryan yang bisa kamu terapkan dalam hidup, Kawula Muda. Apa lagu yang paling kamu suka dari album Human?

    Editor Team

    COMMENT