Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 07 2021

    Banyak yang Pengin Dapat, Drake Malah Cabut Nominasinya di Grammy Awards 2022

    Kawula Muda, Drake tidak menjelaskan alasannya mundur dari nomine Grammy Awards 20221

    Penyanyi Amerika Serikat, Drake. (INSTAGRAM/DRAKE)

    Berbeda dari artis-artis lain yang bangga karena dinominasikan di Grammy Awards, Drake justru mencabut nominasinya di ajang penghargaan musik paling bergengsi tersebut.

    Rapper asal Toronto, Kanada, memperoleh dua nominasi Grammy 2022 di kategori Best Rap Album untuk “Certified Lover Boy” dan Best Rap Performance untuk Way 2 Sexy, single kolaborasinya bersama Future dan Young Thug.

    Belum genap satu bulan sejak nominasi Grammy diumumkan, Drake melalui manajemennya meminta pihak Recording Academy selaku penyelenggara Grammy, untuk menarik namanya dari daftar nominasi. Belum diketahui pasti apa alasan Drake dan manajemennya melakukan hal ini.

    Berdasarkan laporan dari Variety, Recording Academy telah mengonfirmasi hal ini dan menghormati permintaan tersebut. Sesuai permintaan, mereka juga telah menghapus nama Drake dari daftar nominasi.

    Drake merupakan salah satu dari lima nomine yang sebelumnya terdaftar di kategori Best Rap Album dan Best Rap Performance. Mundurnya Drake menyebabkan jumlah nomine di masing-masing kategori tersebut berkurang.

    Namun, Recording Academy tidak akan mengganti posisi Drake dengan artis lain, sehingga kedua kategori tersebut tetap akan menyisakan empat nomine.

    Hal tersebut diduga karena masa pemungutan suara untuk penentuan pemenang Grammy sudah dimulai, sehingga tidak memungkinkan untuk menambahkan nomine baru. Recording Academy telah membagikan surat suara kepada para anggotanya pada Senin (06/12/2021).

    Drake pertama kali mendapat nominasi ajang ini pada Grammy Awards 2010. Sejak saat itu, ia telah mengantongi empat trofi penghargaan, yang terdiri dari Best Rap Album (2013) untuk “Take Care”, Best Rap/Sung Performance dan Best Rap Song (2017) untuk Hotline Bling, dan Best Rap Song (2019) untuk God’s Plan.

    Jumlah kemenangan tersebut sangat sedikit jika dibandingkan dengan rekan-rekannya sesama rapper seperti Jay-Z (23 trofi) dan Ye atau Kanye West (22 trofi).

    Drake sebelumnya mengungkapkan kekecewaannya karena tidak pernah memenangkan Grammy di luar kategori rap. Ia memang beberapa kali dinominasikan di kategori Big Four yaitu empat kali untuk Album of the Year, dua kali Record of the Year, satu kali Song of the Year, dan satu kali Best New Artist, namun tak satupun menang di kategori tersebut.

    Album barunya, “Certified Lover Boy”, tahun ini bahkan tidak lolos untuk masuk kategori Album of the Year. Satu-satunya album rap yang masuk kategori tersebut adalah “Donda” milik Ye.

    Drake memang telah menjadi salah satu kritikus Grammy yang cukup vokal. Tahun lalu, pelantun In My Feelings itu juga sempat mengecam Grammy, setelah rekannya sesama musisi sekaligus sesama asal Kanada, The Weeknd, tidak mendapat satu pun nominasi.

    Editor Team

    COMMENT