Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Feb 23 2022

    Baru Debut, MV "O.O" NMIXX Dituding Jiplak Video Musik ATEEZ

    Kawula Muda, penggemar minta penjelasan dari pihak agensi, JYP Entertainment.

    Girlgroup rookie besutan JYP Entertainment, NMIXX. (TWITTER/NMIXX)

    Baru saja melangsungkan debutnya dengan merilis album single yang diberi judul "AD MARE", NMIXX langsung diterpa isu miring. Girlgroup yang berada di bawah naungan JYP Entertainment tersebut dituding telah menjiplak karya boygroup ATEEZ.

    Pada 22 Februari 2022, bersamaan dengan debutnya NMIXX meluncurkan video musik dari lagu O.O yang terdapat dalam album "AD MARE". Dalam video musik tersebut terlihat keragaman visual yang menggambarkan genre lagu, segi vokal para member, serta konsep grup sebagai NMIXX yang menggabungkan berbagai genre untuk menciptakan genre baru yaitu MIXX POP.

    Usai dirilis, video musik O.O langsung menuai komentar beragam dari warganet khususnya penggemar K-Pop. Sementara sebagian besar warganet setuju bahwa semua member telah menunjukkan bakat luar biasa dan memiliki banyak potensi, beberapa netizen justru menuding video musik debut NMIXX memiliki kemiripan dengan karya grup lain.

    Sejumlah netizen mengatakan bahwa beberapa pengambilan gambar sangat mirip dengan video musik ATEEZ yaitu Illusion. Salah satu adegan yang menjadi sorotan adalah kapal bajak laut yang muncul di kedua video musik itu dinilai sangat mirip.

    Dari hasil penelusuran warganet ditemukan bahwa studio yang memproduksi video musik O.O adalah DIGIPEDI, studio yang sebelumnya juga pernah bekerja sama dengan ATEEZ. Namun, DIGIPEDI tidak memproduksi video musik Illusion ATEEZ yang dinilai mirip oleh warganet.

    Oleh karena itu, hingga kini kesamaan dalam video klip tersebut masih belum diketahui dari mana asalnya. Meskipun sebagian besar penggemar setuju bahwa sangatlah normal apabila ada video musik yang berbeda memiliki set dan tema sama, sebuah video musik harus tetap memiliki konsep unik sendiri.

    Ingin meminta kejelasan dari pihak agensi, para penggemar pun sempat menaikkan tagar JYP_KontroversiPlagiat_Jelaskan di Twitter agar JYP Entertainment menjelaskan tentang dugaan plagiarisme ini.

    Namun, tudingan plagiarisme yang dilakukan oleh NMIXX ini juga mendapatkan beragam komentar dari warganet.

    "Sejujurnya, orang-orang ini bahkan bukan fans dari boygroup itu. Aku yakin mereka hanya ingin menghina girlgroup baru JYP."

    "Dengan logika itu, semua video musik jadi plagiarisme."

    "Saya pikir Anda dapat menemukan adegan di MV ATEEZ yang mirip dengan MV idola lain."

    "Kalau itu adalah plagiat, sekarang 70 persen video musik idola adalah plagiat."

    Editor Team

    COMMENT