Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 05 2021

    Drake Rilis Album “Certified Lover Boy”, Kena Kritik Karena R. Kelly Hingga Rival dengan Kanye West

    Kawula Muda, dalam album "Certified Lover Boy" Drake melakukan kolaborasi dengan beberapa musisi ternama.

    Penyanyi Amerika Serikat, Drake. (INSTAGRAM/BILLBOARD MUSIC AWARDS)

    Setelah sekian lama ditunggu-tunggu, Drake akhirnya merilis album studio keenamnya “Certified Lover Boy” pada Jumat (03/09/2021).

    Terdapat 21 trek dalam album ini, sembilan di antaranya merupakan single kolaborasi yang melibatkan Lil Baby (Girls Want Girls), Lil Durk & Giveon (In The Bible), Jay-Z (Love All), Travis Scott (Fair Trade), Future & Young Thug (Way 2 Sexy), 21 Savage & Project (Knife Talk), Tems (Fountains), Lil Wayne & Rick Ross (You Only Live Twice), dan Kid Cudi (IMY2).

    Di luar itu, adapula Nicki Minaj yang muncul sebagai cameo untuk mengucapkan beberapa baris kalimat di lagu Papi's Home.

    Pada lagu Champagne Poetry, Drake mengambil sampel dari single Michelle milik The Beatles, dengan mengkreditkan John Lennon dan Paul McCartney sebagai co-writer.

    Drake juga menggandneg sejumlah produser untuk album ini, seperti Noah “40” Shebib, Oliver El-Khatib, Metro Boomin, PARTYNEXTDOOR, TM88, OG Ron C, Vinylz, dan Nineteen85.

    DRAKEPenyanyi Amerika Serikat, Drake. (INSTAGRAM/DRAKE)

     

    “Certified Lover Boy” merupakan album studio keenam Drake mengikuti album “Scorpion” (2018). Sebelumnya, rapper asal Kanada itu sempat merilis album kompilasi “Care Package” pada 2019, mixtape “Dark Lane Demo Tapes” pada 2020, dan EP “Scary Hours 2” berisi tiga lagu pada Maret lalu.

    Album baru tersebut menurut rencana awal akan dirilis pada Januari 2021, tapi terpaksa ditunda karena Drake mengalami cedera di kaki, yang mengharuskannya melakukan operasi. Sejak saat itu, tidak ada kejelasan kapan album itu akan keluar, hingga akhir Agustus lalu Drake mengisyaratkan akan merilisnya dalam waktu dekat.

    Di tengah perayaan album barunya, Drake justru dihadapkan pada kritikan dari sejumlah pihak termasuk para penggemar. Fans marah karena Drake memberikan kredit untuk R. Kelly di lagu TSU.

    Lagu tersebut menggunakan sampel berupa bagian intro dari lagu R. Kelly berjudul Half on Baby yang rilis pada 1998. Padahal, R. Kelly saat ini sedang diadili atas tuduhan kasus perdagangan seks.

    "R Kelly yang saat ini diadili karena pelecehan seksual terhadap perempuan dan gadis kulit hitam yang tak terhitung jumlahnya, akan menghasilkan uang dari album yang paling dinanti tahun ini, karena Drake memberinya kredit penulisan lagu," bunyi tweet dari seorag jurnalis bernama Ernest Owens.

    "Drake memilih untuk mengambil sampel R. Kelly, padahal mengetahui bahwa dia harus menyingkirkan Kelly dan Kelly akan mendapatkan cek/royalti. Drake bisa saja menghapus sampel lagu itu, tapi dia jelas-jelas tidak peduli," cuit pengguna Twitter @byDonnaJo.

    Perdebatan ini hampir sama dengan yang dihadapi oleh Kanye West ketika memasukkan DaBaby ke album “Donda”, karena DaBaby sedang dikecam habis-habisan gara-gara komentar homofobik yang dilontarkannya saat tampil di Rolling Loud Festival.

    Berbicara soal Drake dan Kanye, hubungan keduanya kini lagi-lagi memanas. Bukan rahasia lagi bahwa kedua rapper papan atas itu telah lama bermusuhan. Setelah sempat mereda, perseteruan mereka kembali muncul selama beberapa minggu terakhir.

    Menurut rumor yang beredar, perseteruan mereka dipicu oleh jadwal rilis album keduanya yang saling berdekatan. Drake merilis “Certified Lover Boy” kurang dari seminggu setelah Kanye merilis “Donda” pada 29 Agustus lalu.

    Mereka terlibat saling sindir dan menyerang satu sama lain, mulai dari Kanye yang membocorkan alamat Drake di Toronto, hingga Drake yang menyindir Kanye lewat lirik lagu barunya 7am On Bridle Path.

    Menurut laporan Variety, seorang sumber mengatakan bahwa Kanye sengaja menunda perilisan “Donda” selama berkali-kali, karena menunggu Drake untuk merilis “Certified Lover Boy”. Kanye ingin melawan Drake melalui bentrokan tanggal rilis kedua album, sehingga album mereka bisa bersaing di tangga lagu.

    Hal yang sama pernah dilakukan Kanye untuk menandingi 50 Cent pada 2007. Saat itu, Kanye merilis album “Graduation” sedangkan 50 Cent merilis album “Curtis”. Kanye berhasil unggul dengan jumlah penjualan yang lebih besar dan pencapaian tangga lagu yang lebih tinggi.

    Dengarkan album terbaru Drake “Certified Lover Boy” berikut ini:


    Editor Team

    COMMENT