Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 02 2022

    Dua Lipa Dituduh Mencuri Hak Cipta Lagu “Levitating” dari Band Reggae Asal Inggris

    Lagu ini dituduh hasil curian dari lagu lama yang dirilis pada tahun 2017 nih, Kawula Muda.

    Penyanyi asal Inggris - Dua Lipa. (Instagram/@dualipa)


    Penyanyi asal Inggris Dua Lipa dituduh mencuri lagu hitnya ‘Levitating’ dari lagu ‘Live Your Life’ yang dirilis band Artikal Sound System pada tahun 2017.

    Dalam Gugatan yang diajukan di Pengadilan Federal Los Angeles, anggota band bernama Artikal Sound System menyebut bahwa ‘Levitating’ milik Lipa yang menghabiskan 68 minggu di tangga Billboard Hot 100 dan menjadi peringkat satu tahun 2021 ini diambil dari ‘Live Your Life’. 

    Sebagian besar gugatan tersebut menyebut pelanggaran hak cipta dengan detail sedikit tentang bagaimana dan mengapa Lipa diduga menyalin lagu tersebut. Terlebih lagi lagu tersebut diketahui sangat mirip sehingga sangat tidak mungkin lagu ‘Levitating’ dibuat secara sendiri.

    Sebelumnya, ‘Levitating’ yang dirilis tahun 2020 pada album kedua ‘Future Nostalgia’ pernah berada di puncak hit 100 nomor 2 dengan mendapat kehormatan lagu top 10 terlama oleh artis wanita.


    Artikal Sound System merupakan band reggae asal Florida Selatan yang telah berdiri sejak tahun 2012. Awalnya band tersebut hanya beranggotakan dua orang, setelahnya terdapat musisi dan vokalis tambahan Logan Rex. Kemudian band ini diketahui merilis ‘Live Your Life’ pada EP Smoke and Mirrors tahun 2017.

    Melansir dari Billboard, hasil gugatan itu menyebut bahwa Lipa terlebih dahulu mendengarkan ‘Live Your Life’ sebelum akhirnya menyalin lagu tersebut. Sayangnya, kasus tersebut tidak menjelaskan secara pasti mengapa band tersebut percaya bahwa Lipa mendengarkan lagu mereka.

    Sementara, perwakilan dari Dua Lipa seperti Warner Records serta tim yang membantu pembuatan lagu ‘Levitating’ tidak menanggapi kasus gugatan tersebut.

    Editor Team

    COMMENT