Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 20 2022

    Bikin Warga Jerman Bergoyang, Grup Kasidah Nasida Ria Disebut Sebagai "The Real Agen Perdamaian"

    Hai Kawula Muda, lagu kasidah sampai ke Jerman!

    Grup kasidah asal Indonesia, Nasida Ria. (NASIDA RIA)


    Grup musik kasidah legendaris Tanah Air, Nasida Ria, ternyata masih eksis hingga kini dan justru semakin melebarkan sayapnya hingga ke luar negeri. Hal itu seperti diberitakan, Nasida Ria hadir di acara Documenta Fifteen di Kassel, Jerman, pada Sabtu (18/6/2022).

    Documenta Fifteen adalah pameran seni rupa kontemporere bergengsi di Eropa yang digelar lima tahun sekali sejak 1955. Selama 100 hari, berbagai seniman memamerkan karya seninya di acara tersebut.

    Setiap penyelenggaraannya, Documenta Fifteen menggunakan Pengarah Artistik yang berbeda-beda. Untuk tahun ini, yang merupakan festival yang ke-15 dari Documenta Fifteen, Ruangrupa dari Indonesia berhasil terpilih sebagai Pengarah Artistik untuk Documenta Fifteen dan mengusung tema Lumbung sebagai konsep pameran.

    Tampil pada pembukaan festival

    Nasida Ria mendapat kesempatan manggung di pembukaan festival. Aksi mereka pun mengundang pengunjung festival bergoyang, termasuk warga Jerman. Mereka mengikuti lantunan kasidah yang khas dan berisi pesan-pesan kemanusiaan macam perdamaian.

    Bahkan saat grup kasidah asal Semarang ini menggelar latihan sebelum hari pembukaan, banyak pencinta seni yang melihat Documenta Fifteen pun antusias melihatnya.

    "Kondisi saat Nasida Ria latihan, banyak yg antusias mendengarkan lantunan Qasidah! Tgl 18 Nasida Ria akan tampil sebagai pembuka di event seni akbar dunia @documentafifteen di Kassel, Jerman. Sobat yang dekat merapat yaaa. Mari kita Qasidah kan Jerman!!" tulis @nasidariasemarang dalam akun Instagramnya.

    Keseruan penampilan grup Kasidah Nasida Ria juga diunggah akun Instagram resmi Documenta Fifteen. Salah satu warganet bahkan mengatakan, Nasidah Ria adalah "Agen Perdamaian" yang sesungguhnya. Bisa jadi itu karena grup ini dapat membuat para penonton bergoyang.

    Selain Nasida Ria, dalam acara itu juga ada penampilan dari musisi asal Indonesia lainnya, Narpati Awangga yang lebih dikenal dengan nama Oomleo. Selain itu juga ada penampilan dari Rizan Said, SANMAO, dan para penampil lainnya.

    Selain pengunjung yang hadir, penampilan Nasida Ria di Jerman pun banyak mendapat pujian dari warganet. Mereka merasa bangga grup musik legendaris itu akhirnya mendapat tempat di kancah internasional.

    Editor Team

    COMMENT