Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 26 2022

    Keren! Ini Daftar Sekolah Menengah Musik yang Ada di Indonesia

    Musik untuk semua orang!

    Ilustrasi SMKM YMJ (Yayasan Musik Jakarta)


    Musik bagi banyak orang lebih dari sekadar hiburan semata. Banyak orang yang akhirnya menjadikan musik sebagai bagian penting dari hidupnya sampai dijadikan profesi. 

    Musik yang diminati oleh banyak orang ini akhirnya menjadi salah satu mata pembelajaran yang diajarkan di institusi-institusi pendidikan. Di Indonesia sendiri, sudah banyak sekolah yang menyediakan dan bahkan memfokuskan musik sebagai pelajaran utama dalam sistem belajar mengajarnya. 

    Berikut beberapa sekolah musik pada tingkatan menengah atas di Indonesia yang bisa menjadi pilihan.

    1. SMKN 2 Cibinong


    Sekolah Menengah Kejuruan 2 Cibinong yang terletak di Jl. SKB No. 1, Karadenan, Kec. Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyediakan kejuruan Seni Musik Klasik. 

    Salah satu lulusan dari sekolah ini adalah penyanyi muda Hanin Dhiya, runner-up dari Rising Star Indonesia edisi 2014. 

    Pada bulan April kemarin, SMKN 2 Cibinong mengadakan music show bertajuk “TELISIK” yang mengangkat tema Budaya Indonesia yang dikemas dengan lebih modern. Pada hari yang sama, tepatnya tanggal 16 April 2022 lalu mereka juga mengadakan acara musik lainnya yang bertajuk “90’s Show”.

    2. SMKN 2 Kasihan

    SMM YogyakartaIlustrasi Kegiatan Bermusik di SMKN 2 Kasihan (SMKN 2 Kasihan)

     

    Membawa visi menjadi sekolah unggulan dalam bidang musik klasik yang berwawasan kearifan lokal keimanan dan ketakwaan, SMKN 2 Kasihan terletak di Jl. PG. Madukismo, Kasihan, Bantul, Jogjakarta. 

    Berdiri sejak tahun 1952, SMKN 2 Kasihan yang merupakan Sekolah Menengah Musik (SMM) ini didirikan atas inisiatif dari masyarakat musik dan budayawan Indonesia khususnya yang berada di Keraton Yogyakarta. Sekolah yang memfokuskan siswanya untuk merengkuh pendidikan musik tersebut menyediakan beberapa kategori alat musik untuk dijadikan pilihan fokus pembelajaran mulai dari alat musik tiup, gesek, gitar, piano, perkusi, bahkan vokal. 

    Keseriusan dalam bermusik yang diberikan oleh SMM ini terlihat dari kerja sama yang dijalin oleh SMM dengan institusi-institusi musik mulai dari Jogjakarta Philharmonic Orchestra, LPM Alfarabi, Addie MS - Twilite Orchestra, sampai Vista Symphonic Orchestra. 

    Selain itu, para siswa dari SMM ini juga berhasil meraih berbagai prestasi dalam dunia musik. Terbaru, SMKN 2 Kasihan ini dipercaya oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek untuk memberi dukungan pada acara Opening Ceremony International Olympiad in Informatics (IOI) ke-34 tahun 2022 berupa orkestra di Laboratorium Seni Institut Seni Indonesia pada 9 Agustus 2022.

    3. SMKM Yayasan Musik Indonesia

    Sekolah Menengah Kejuruan Musik Yayasan Musik IndonesiaIlustrasi SMKM YMJ (Yayasan Musik Jakarta)

     

    Sekolah Menengah Kejuruan Musik (SMKM) Yayasan Musik Indonesia Didirikan pada 2008, Sekolah Menengah Kejuruan Musik Jakarta dibangun atas dasar filosofi musik untuk semua orang. SMKM Yayasan Musik Indonesia ini menyediakan kurikulum internasional berbasis seni pertunjukkan dengan berisikan 60% musik dan 40% subjek pelajaran umum sesuai standar nasional. 

    SMKM juga memiliki jaringan internasional yang bisa mendukung siswa selama belajar di sana seperti Opus & Organum Music Store dan Recording & Production. Sekolah ini juga menjalin kerja sama dengan pemerintahan Indonesia agar siswanya bisa mendapatkan beasiswa untuk distabilitas dan berkebutuhan khusus. Sekolah ini berlokasi di Jl. Letnan Sutopo Kv III A, BSD City, Tangerang Selatan

    4. SMK Musik Perguruan Cikini


    Sekolah Menengah Kejuruan Musik Perguruan Cikini ini merupakan sekolah musik yang menjalankan sistem Boarding School. Berdiri di bawah naungan Yayasan Perguruan Cikini, sekolah ini sudah terakreditasi A dengan menjalankan kurikulum pembelajaran yang mengacu pada pendidikan soft skill dan hard skill

    Program pendidikan yang ada pada sekolah ini terbagi menjadi dua, program akademik dan non-akademik. Pada program akademik terbagi menjadi: Muatan Nasional, Muatan Kewilayahan, Muatan Peminatan Kejuruan, dan Muatan Lokal. 

    SMKM Perguruan Cikini ini memiliki program-program yang menunjang kemampuan musik siswanya seperti Praktik Instrumen, Musik Tradisi, Teknologi Musik dan Jumat Apresiasi Musik Siswa (JAMS). Terbaru, SMKM Perguruan Cikini ini akan mengadakan Home Concert bertajuk “La Casa de Percik” yang akan digelar di SMK Musik Perguruan Cikini Hall pada Kamis besok tepatnya 27 Oktober 2022. 

    5. SMKN 3 Sukawati Bali


    Terletak di Jl. Taak Indah, Batubulan, Sukawati, Gianyar, Bali, SMKN 3 Sukawati Bali ini menyediakan 2 jenis kejuruan musik yaitu Seni Musik Populer dan Karawitan. Terakhir, SMKN 3 Sukawati Bali ini turut serta dalam Pesta Kesenian Bali ke-44 tahun 2022. 

    Para siswa dari SMKN 3 Sukawati Bali terlihat menampilkan pertunjukan teater dengan diiringi musik karawitan. Selain itu, para siswa juga ikut serta dalam seleksi 3 festival lomba jingle “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”.

    Keren-keren ya sekolah musik di atas. By the way, ikuti Mangkal on Skul: Battle of Putih Abu-Abu, kuis cerdas cermat antar SMA sederajat yang tayang di on air Prambors dan dapatkan hadiah ratusan juta rupiah. Klik di sini!

    Editor Team

    COMMENT