Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 06 2020

    The King of K-Pop is Back! G-Dragon Comeback, Ini Deretan Kolaborasi Terbaiknya!

    Kawula Muda, G-Dragon alias GD akan lakukan comeback dengan album solo dalam waktu dekat.

    G-Dragon alias GD, leader grup BIGBANG. (TWITTER/YG NEWS)

    G-Dragon atau yang juga dikenal dengan GD dikabarkan akan melakukan comeback dengan merilis album solo terbaru.

    GD terakhir kali merilis proyek solo pada 2017 dengan album yang bertajuk "Kwon Jiyong".

    Pihak YG Entertainment mengungkapkan bahwa musisi yang bernama asli Kwon Jiyong tersebut sering mengunjungi kantor baru YGE dan studio milik YGX dan THE BLACK LABEL.

    Comeback GD kali ini pasti sangat ditunggu oleh para penggemar. Karena leader grup BIGBANG ini telah lama hiatus dari dunia musik.

    Setelah lepas dari wajib militer setahun lalu, GD belum merilis karya baru. Padahal pada Maret 2020, dia telah memperbarui kontrak dengan YG Entertainment. Kontrak ini menjadi penanda 20 tahun kebersamaan GD dengan YG Entertainment, dari seorang trainee hingga menjadi artis.

    G-DRAGONG-Dragon pada saat pemotretan untuk majalah Vogue Korea. (INSTAGRAM/G-DRAGON)

     

    Semenjak debut hingga saat ini, GD telah menulis banyak sekali lagu yang menjadi hits. Bahkan sebagian besar lagu BIGBANG yang meledak di pasaran musik seperti Lies, Day by Day, Looser, dan BAE BAE, merupakan ciptaan GD.

    Pada 2012, nama GD masuk sebagai Top Songwriter oleh Melon Music. Pada 2018, dia terhitung telah menciptakan kurang lebih 172 lagu.

    Dengan karyanya tersebut, maka tidaklah heran jika GD disebut sebagai King of K-Pop. Bahkan karya G-Dragon banyak mendapatkan apresiasi dari musisi dunia.

    Berikut adalah beberapa lagu kolaborasi terbaik GD dengan musisi lain.

    Palette (IU)

    IUIU dikenal sebagai salah satu selebritas Korea Selatan yang dermawan. (INSTAGRAM/J ESTINA OFFICIAL)

     

    Pada 2017, GD melakukan kolaborasi dengan solois cantik, IU, dalam lagu berjudul Palette. Tak hanya menyanyikan bagian rap, dalam lagu tersebut, GD juga menciptakan sebagian liriknya.

    Perpaduan manis di antara kedua vokalis tersebut mampu menghasilkan harmonisasi lagu yang keren. Tak heran jika dalam waktu kurang dari 24 jam, lagu kolaborasi tersebut mampu merajai berbagai tangga lagu di Korea dan mencapai rekor Perfect All Kill.

    Nilliria (Missy Elliott)

    Tujuh tahun lalu, GD bisa bekerja sama dengan musisi dunia sekaligus rapper hip hop fenomenal, Missy Elliott, dalam lagu bertajuk Nilliria.

    Lagu tersebut menjadi bagian dari album GD bertajuk "Coup d'etat" yang dirilis pada 2013. Kolaborasi mereka pertama kali ditampilkan pada saat ajang KCON 2013.


    Coup d'etat (Diplo dan Baauer)

    Diplo menjadi musisi dunia yang kerap bekerja sama dengan GD. Sebagai seorang produser, rapper, dan juga songwriter, Diplo sempat mengakui bahwa ia sangat mengagumi grup BIGBANG.

    Bersama Diplo, GD pernah melakukan kolaborasi dalam lagu duet bersama T.O.P dalam lagu Knock Out.

    GD kembali bekerja sama dengan Diplo dalam lagu hitsnya yang bertajuk Coup d'etat. Dalam lagu ini dia juga mengajak serta musisi Baaurer. Hasilnya adalah sebuah karya yang berbeda dari karya musik GD sebelumnya seperti lagu One of a Kind. Lagu Coup d'etat memiliki tempo lebih lambat, namun tetap kental nuansa hip hop.

    Dirty Vibe (CL, Diplo, Skrillex)

    Pada 2014, G-Dragon melakukan kolaborasi bersama dengan rekan satu agensinya, CL, serta Diplo. Mereka berkolaborasi untuk lagu milik Skrillex yang bertajuk Dirty Vibe.

    Selain lagu ini, GD juga pernah berkolaborasi dengan CL di berbagai lagu, antara lain R.O.D, The Leaders, dan lain-lain.

    Selain dengan para musisi tersebut, GD juga pernah melakukan kolaborasi dengan rekan sesama BIGBANG, yaitu T.O.P dan Taeyang. Bahkan saat itu, lagu kolaborasi GD bersama Taeyang yang bertajuk Good Boy berhasil menempati posisi nomor 1 di Billboard World Digital Song.



    Editor Team

    COMMENT