Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 09 2022

    Lagu Kebangsaan Inggris Berubah Menjadi “God Save The King”

    Emang bisa berubah gitu ya?

    Ilustrasi bendera Inggris dan Britania Raya (unsplash/trey-musk)


    Menyusul kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II pada hari Kamis 8 September 2022, lagu kebangsaan Inggris “God Save The Queen” akan diubah menjadi “God Save The King”. 

    Setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II, kerajaan Inggris akan dipimpin oleh seorang Raja yaitu putra dari mendiang Ratu Elizabeth II sendiri, Pangeran Charles. Pangeran Charles akan menjadi suksesor dari mendiang ibunya dalam memimpin tanah Inggris setelah 70 tahun lamanya. 

    Pangeran Charles langsung diangkat menjadi Raja untuk memimpin tanah Inggris untuk mengisi posisi yang ditinggal ibunya, Ratu Elizabeth II, tidak lama setelah kabar meninggalnya Sang Ratu dirilis. Namun demikian, kenaikan dan pengangkatan Pangeran Charles sebagai Raja baru akan diumumkan pada hari Sabtu, 10 September 2022 besok. Untuk jadwal pasti pengangkatan dan penobatan Pangeran Charles sebagai Raja baru Inggris masih belum ada hingga saat ini.

    Lagu kebangsaan Inggris sudah dibuat sejak abad ke 18 dengan judul “God Save The King”. Lagu ini pertama kali ditampilkan di depan umum di London pada tahun 1745 sebagai lagu patriotik. Lagu ini baru diresmikan menjadi lagu kebangsaan di awal abad 19 sebagai penghormatan kepada Raja George III.

    Dilansir dari New York Times, dalam konstitusi Inggris, lirik dan judul lagu dari lagu kebangsaan Inggris akan menyesuaikan dengan siapa yang memimpin Kerajaan Inggris pada saat itu karena Konstitusi Inggris tidak menuliskan lirik lagu kebangsaan sehingga bisa segera diubah. New York Post juga mengatakan bahwa isi lagu kebangsaan akan tetap sama, namun kata “Ratu” akan diganti kata “Raja” dan kata ganti dia (she/her) akan diganti kata ganti dia (he/him).

    Meskipun kabar kenaikan Pangeran Charles sudah jelas akan dilakukan pada hari Sabtu mendatang, namun hingga kini baik Istana Buckingham maupun Pemerintahan Inggris masih belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait pergantian lirik dan judul lagu dari “God Save The Queen”.  

    Editor Team

    COMMENT