Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 15 2022

    Merasa Kehilangan Arah, BTS Umumkan Hiatus dan Fokus Proyek Solo

    Kawula Muda, comeback stronger, BTS!

    BTS, boygroup K-Pop asal Korea Selatan. (TWITTER/BTS OFFICIAL)


    Baru saja melakukan comeback dengan merilis album antologi yang diberi judul “Proof” dan merayakan ulang tahun debut mereka yang ke-9, BTS mengumumkan kabar yang mengejutkan ARMY (sebutan penggemar BTS) di seluruh dunia.

    Melalui video “FESTA Dinner” yang diunggah dalam kanal YouTube BANGTANTV pada Selasa (14/06/2022), BTS menyampaikan bahwa para member akan hiatus dan fokus pada proyek solo masing-masing.

    Ketujuh member BTS yaitu RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook terlihat santai duduk mengelilingi meja makan besar sambil makan dan bercanda. Lalu tiba-tiba saja Suga mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan.

    “Kita akan hiatus sekarang,” kata Suga blak-blakan dalam acara tersebut.

    “Apakah kita perlu berbicara tentang mengapa kita tidak menggelar FESTA atau membuat konten?” tambahnya lagi.

    Pertanyaan Suga ini lalu dijawab oleh RM  yang mengatakan  secara grup BTS telah meraih begitu banyak hal sejak debut pada 2013.

    “Berkumpul seperti ini hari ini dan merekam konten, saya senang kami adalah BTS.. apa yang akan saya lakukan jika kami bukan BTS? Itu membuatku berpikir aku bahagia ketika bersama. Saya memulai musik dan menjadi BTS karena saya punya pesa untuk dunia,” kata RM.

    Namun, seiring berjalannya waktu, RM mengatakan mereka harus menerima perubahan dan para member masih perlu untuk berkembang apalagi mereka kini sudah dewasa.

    “Saya selalu berpikir BTS berbeda dari grup-grup lain, tetapi masalahnya dengan K-Pop dan sistem idol (di Korea Selatan) adalah mereka tidak memberi kalian ruang untuk tumbuh dan berkembang sebagai pribadi dewasa. Kalian harus terus memproduksi musik dan melakukan sesuatu,” kata RM.

    Rapper BTS itu lalu menambahkan bahwa grup ini telah berubah, bahkan setelah era Butter dan Permission to Dance, dia tidak tahu lagi grup seperti apa BTS.

    Selama ini, ketika ia menulis lagu, selalu ada terselip pesan dan cerita yang ingin ia sampaikan. Namun kini, ia tidak tidak tahu cerita apa yang ingin disampaikan. Dia berjanji bahwa dia akan terus berlatih dengan anggota BTS lainnya dan ketika mereka kembali lagi, mereka akan menampilkan penampilan yang luar biasa.

    “Tapi saat ini kami kehilangan arah dan saya hanya ingin meluangkan waktu untuk berpikir,” katanya.

    BTSBTS, boygroup K-Pop asal Korea Selatan. (TWITTER/BTS OFFICIAL)

     

    Jimin menambahkan bahwa memutuskan untuk vakum sementara adalah sebuah keputusan yang sulit dan khawatir akan membuat penggemar kecewa.

    “Kami tidak bisa tidak memikirkan penggemar kami, apa pun yang terjadi, kami ingin menjadi jenis artis yang diingat oleh penggemar kami. Saya pikir sekarang kami mulai berpikir tentang artis seperti apa yang kami masing-masing ingin dikenang oleh penggemar kami,” kata Jimin.

    “Saya pikir itu sebabnya kami sedang melalui masa sulit sekarang, kami mencoba menemukan identitas kami dan itu adalah proses yang melelahkan dan panjang,” tambahnya.

    Suga mengatakan bahwa akhir-akhir ini ia sangat sulit untuk menulis lirik dan seakan ‘terpaksa’ saat melakukannya.

    “Kami perlu sesuatu untuk dikatakan… Anda tidak bisa memaksanya. Saya harus berbicara tentang sesuatu yang benar-benar saya rasakan, tetapi saat ini saya hanya memerasnya karena kami harus memuaskan keinginan orang dan pendengar.. itu sangat menyakitkan,” katanya.

    Para member BTS kemudian menegaskan bahwa mereka tidak akan bubar, hanya hiatus dan fokus pada proyek solo masing-masing.

    “Kami akan mengambil waktu sejenak untuk bersenang-senang dan mencari banyak pengalaman,” kata Jungkook.

    “Kami berjanji akan kembali, lebih matang dari kami sekarang,” katanya lagi.

    V lalu mengungkap alasan mereka memutuskan untuk hiatus.

    “J-Hope pernah bilang seperti ini. Kita bisa fokus dengan aktivitas solo saat ini dan kemudian ketika kita berkumpul lagi sebagai grup, sinerginya akan luar biasa. Kita akan lebih bagus dari sebelumnya,” ujar V.

    V juga yakin kalau para penggemar mereka akan terus memberikan dukungan terhadap keputusan mereka tersebut.

    Melansir dari Billboard, seorang juru bicara grup mengklarifikasi deskripsi BTS tentang hiatus tersebut.

    “Agar jelas, mereka tidak hiatus, tetapi akan membutuhkan waktu untuk mengeksplorasi beberapa proyek solo saat ini dan tetap aktif dalam berbagai format berbeda,” ujuar juru bicara grup seperti yang dikutip dari Billboard (15/06/2022).

    Pada 2019 lalu, BTS sempat diterpa rumor hiatus juga. Saat itu, pihak perwakilan BTS memberikan klarifikasi bahwa hiatus itu hanya bersifat sementara dan sangat singkat.

    Apakah hiatus mereka kali ini juga akan berlangsung singkat? Kita tunggu saja ya, Kawula Muda. Comeback stronger, BTS!

     

    Editor Team

    COMMENT