Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 22 2022

    Ramu Musik Rap dengan Unsur Budaya Betawi, Kojek Rilis Single “Jakarta Loves Everybody”

    Hai Kawula Muda, ayo ramaikan ulang tahun jakarta.

    Penyanyi rap bernuansa betawi, Kojek. (INSTAGRAM/KOJEK)


    Hari ini (22/6/2022) kota Jakarta berulang tahun yang ke-495. Sebagai ibukota negara, Jakarta menjadi pusat pertemuan berbagai suku dan budaya di seluruh Tanah Air. Tidak heran kalau Jakarta menjadi cerminan dari keberagaman Indonesia.

    Tetapi, meskipun begitu, Jakarta juga tetap melestarikan budaya tradisionalnya yang dikenal dengan budaya Betawi.

    Musik tradisional gambang kromong, ondel-ondel, sampai bir pletok khas Betawi masih bisa dijumpai di berbagai festival budaya dan acara-acara adat.

    Selain itu, da banyak cara untuk melestarikan budaya Betawi, salah satunya yang dilakukan oleh Muhammad Amrullah atau yang biasa dikenal dengan Kojek.

    Ia menekuni musik hiphop dan rap sambil tidak melupakan akar budaya asli Jakarta. Dalam setiap karyanya, Kojek selalu menyisipkan elemen budaya Betawi.

    Tak hanya tentang bahasa dan makanan, Kojek juga menyampaikan keluh kesah serta kritik mewakili orang-orang yang tinggal di Jakarta.

    KOJEKKojek rilis lagu "Jakarta Loves Everybody". (INSTAGRAM/KOJEK)

      

    Sejarah panjang musik hip hop atau rap memang dikenal berisikan kritikan terhadap masalah sosial dan politik yang terjadi di Amerika. Kini, Kojek mencoba meramunya dengan memasukkan instrumen Betawi pada musiknya.

    Lagu pertamanya berjudul Lo Kate Jakarte dibuat saat memperingati hari jadi Jakarta pada tahun 2011. Kemudian disusul lagu Betawi Punya Rapper (2012), dan Enjoy Jakarte (2016).

    Pada 2010, Kojek berhasil menjadi juara rap se-Indonesia, lalu sempat diundang ke Festival Musik Hip Hop di Malaysia dan Jepang. Ia juga sempat menjadi nominasi AMI Awards.

    Tahun ini, Kojek merilis single terbaru berjudul Jakarta Loves Everybody sebagai kado HUT. Lagu ini sudah rilis di semua platform digital pada Minggu (19/6/2022), sebagaimana disampaikan Kojek lewat akun Instagram pribadinya.

    “Lagu ini bercerita bahwa Jakarta telah banyak memberikan cinta buat kita maka dari itu Kojek mengajak semua untuk mencintai Jakarta” tulis Kojek di akun Instagramnya.  

    Ia juga menambahkan Jakarta bukan versus siapa-siapa yang ada adalah Jakarta Loves Everybody. Selamat ulang tahun Jakarta!


    Editor Team

    COMMENT