Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 30 2021

    Setelah Berkali-kali Ditunda, Album Kanye West “Donda” Akhirnya Rilis

    Kawula Muda, "Donda" menjadi album kesepuluh Kanye West.

    Kanye West, musisi Amerika Serikat. (TWITTER)

    Setelah mengalami penundaan berkali-kali, album terbaru Kanye West alias Ye berjudul “Donda”, akhirnya resmi dirilis. Album studio kesepuluh tersebut telah hadir di seluruh layanan streaming musik seperti Apple Music dan Spotify pada Minggu (29/08/2021).

    Tidak jelas kapan waktu pasti album itu mulai diunggah. Namun, menurut laporan Variety, pihak label yaitu Def Jam, mengirimkan siaran pers tentang perilisan album pada pukul 08.15 ET atau 19.15 WIB.

    Rekaman berdurasi hampir dua jam ini hadir setelah Ye menyelenggarakan empat kali acara Donda Listening Party, yaitu pada 19 Juli secara privat di Las Vegas, 22 Juli dan 5 Agustus secara terbuka di Mercedes- Benz Stadium Atlanta, dan 26 Agustus di Soldier Field Chicago.

    Terdapat total 27 trek di album “Donda” yang menyajikan kontribusi dari sejumlah artis seperti Jay-Z, The Weeknd, Travis Scott, Young Thug, Pusha T, mendiang Pop Smoke, Baby Keem, Jay Electronica, Kid Cudi, The Lox, dan banyak lainnya.

    Satu lagu berjudul Jail Pt.2 yang menampilkan Marilyn Manson dan DaBaby, awalnya tidak dapat diputar. Melalui media sosialnya, Ye mengungah tangkapan layar dari manajernya, Bu Thiam, yang memberitahukan bahwa manajer DaBaby tidak mengizinkan lirik dari artisnya dipakai di lagu itu.

    KANYE WESTPenampilan Kanye West untuk album "DONDA". (TWITTER)

     

    Hal tersebut berkaitan dengan kontroversi DaBaby yang melemparkan komentar homofobia di festival Rolling Loud beberapa waktu lalu, yang mengakibatkan rapper Rockstar itu banyak diboikot.

    Sekarang, lagu tersebut sudah bisa dinikmati di berbagai layanan streaming. Namun, sepertinya lagu tersebut merupakan versi baru, karena berbeda dengan lagu yang diputar di dua acara listening party yang digelar di Mercedes-Benz Stadium.

    “Donda” awalnya dijadwalkan rilis pada Juli 2020, namun ditunda tanpa ada batas waktu. Setahun kemudian, album tersebut memiliki jadwal baru untuk dirilis yakni 23 Juli, sehari setelah acara listening party di Mercedes-Benz Stadium pada 22 Juli.

    Namun, pada hari yang dijanjikan, album tersebut tak kunjung tiba, dan diundur menjadi 6 Agustus, lalu diubah lagi ke 13 Agustus, 15 Agustus, 20 Agustus, hingga akhirnya benar-benar rilis pada 29 Agustus.

    Selama rentang waktu penundaan tersebut, sejak 22 Juli hingga 26 Agustus 2021, Ye memilih tinggal di ruangan kecil di dalam Mercedes-Benz Stadium untuk menyelesaikan albumnya,

    “Donda” merupakan album studio kesepuluh Kanye West, sebagai tindak lanjut dari album “Jesus Is King” (2019). Judul album ini diambil dari nama ibunya, Donda West, yang meninggal dunia di usia 58 tahun pada 2007.

    Ye juga banyak mereferensikan mantan istrinya, Kim Kardashian, di album barunya seperti di lagu Hurricane, Come to Life, Lord I Need You, hingga New Again.

    Dengarkan album terbaru Kanye West “Donda” berikut ini:

    Editor Team

    COMMENT