Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 05 2021

    Setelah Berpisah 40 Tahun, ABBA Reuni dengan Album Baru

    Hai Kawula Muda, welcome back ABBA!

    Grup musik pop legendaris asal Swedia, ABBA. (INSTAGRAM/ABBA)

    Setelah puluhan tahun terpisah, grup musik pop legendaris asal Swedia ABBA akhirnya bersatu kembali. ABBA mengumumkan bakal merilis album baru November 2021 serta menggelar konser virtual di London tahun 2022.

    Grup yang populer lewat tembang Dancing Queen ini mengatakan, album baru bertajuk “Voyage” bakal dirilis 5 November mendatang, di bawah label Capitol Records dari Universal Music Group.

    “Awalnya kami hanya membuat dua buah lagu, tapi kami berpikir, 'sepertinya perlu membuat beberapa lagi'," ujar Benny Anderson, salah seorang personil ABBA, seperti dikutip dari BBC.

    Menyusul pengumuman ini, "Voyage" akan menjadi album studio pertama ABBA setelah hampir 40 tahun berpisah.

    Album “Voyage” nantinya akan terdiri dari 10 lagu. Dua lagu dari album ini, yaitu I Still Have Faith In You dan Don't Shut Me Down telah dirilis lebih dahulu dan diperdengarkan dalam konfrensi pers global pada Kamis (2/9/2021).

    Konser virtual bertema avatar

    Tak hanya album baru, ABBA juga mengumumkan akan menggelar konser virtual yang akan diselenggarakan di Queen Elizabeth Olympic Park, London, mulai 27 Mei 2022.

    Dalam keterangan resmi disebutkan, para personel ABBA akan "dilahirkan kembali" dalam wujud avatar yang disebut "ABBA-tars". Dalam konser virtual itu mereka akan tampil di panggung bersama  band live.

    Personel ABBA mengatakan bahwa pertunjukan tersebut akan menampilkan 22 lagu dan berlangsung selama satu setengah jam.

    Tiket untuk pertunjukan di arena berkapasitas 3.000 orang itu, nantinya akan dijual umum pada 7 September di AbbaVoyage.com. Namun penggemar telah dapat mendaftar untuk tiket presale pada 2 September lalu.

    Sebelum pengumuman resmi, ABBA sempat mengisyaratkan bakal kembali ke industri musik dengan meluncurkan situs ABBA Voyage dan mendorong para pecintanya untuk mendaftar agar mudah memperoleh informasi tentang ABBA pada pekan lalu.

    Perjalanan karier 

    ABBA terbentuk pada 1972 dan digawangi dua pasangan menikah. Personelnya adalah Benny Andersson, Björn Ulvaeus, Agnetha Fältskog, dan Anni-Frid Lyngstad.

    Sebelum menjadi ABBA, Fältskog dan Ulvaeus telah menikah.  Kemudian setelah ABBA terbentuk, Lyngstad dan Andersson juga menikah. Namun kedua pasangan ini kemudian bercerai sebelum ABBA resmi didibubarkan

    Nama ABBA adalah singkatan dari huruf pertama keempat anggotanya.

    Lagu-lagu mereka sukses menguasai puncak tangga lagu dunia sekitar 1974-1983. dengan hit pop seperti "Waterloo", "Dancing Queen", "The Winner Takes It All" dan "Fernando". Kemudian ABBA bubar pada tahun 1982.

    Editor Team

    COMMENT