Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 04 2022

    Tulus Tuangkan Warna Baru Lewat Album 'Manusia'

    Akhirnya Tulus rilis album baru yang diisi single 'Tujuh Belas' -nya nih, Kawula Muda!

    Tulus rilis album ke-5 'Manusia'

    Muhammad Tulus Rusydi atau yang akrab dipanggil Tulus baru saja merilis album baru ke-5 berjudul 'Manusia' pada Jumat (4/3/2022). 

    Album ini dikerjakan dalam kurun waktu dua tahun terakhir, sejak datang pandemi. Menurut Tulus, beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan juga perkembangan musik yang ada menjadi semangat baru untuk terus selalu berkarya.

    Lagu-lagu Tulus memang dikenal sangat menyentuh hati para pendengar. Dia mengatakan berisikan 10 lagu, judul 'Manusia' yang dipilih adalah representasi dari lagu-lagu di dalamnya, yang menceritakan ragam dinamika rasa kita, manusia. 

    Selain itu, olahan kata dalam lirik yang semakin matang dan mengedepankan keeleganan Bahasa Indonesia, Tulus meneruskan perjalanan musiknya lewat lagu-lagu unik. 

    Semangat menjaga jiwa muda di tengah dinamika hati dan rasa, dilanjutkan dengan pertanyaan-pertanyaan tentang hidup, apresiasi diri, hingga ragam emosi dalam merayakan kehidupan, merupakan sepenggal dari luasnya sudut pandang penulisan lagu dalam album ini. 

    "Warna musik yang baru di album ini merupakan hasil kolaborasi dengan ratusan talenta," jelas penyanyi usia 34 tahun itu dalam jumpa pers ‘Manusia’ pada Jumat (4/3).

    TulusPenyanyi Tulus dalam konferensi pers virtual Tulus merayakan 10 tahun berkarya 'Manusia' dalam Jumat (4/3).

     

    Ratusan merupakan jumlah yang banyak, jumlah yang kian mewakili judul album barunya. 

    Untuk album ini, Tulus bekerja sama dengan Ari Renaldi sebagai produser yang telah menghasilkan multipel karya bersama. 

    Tulus juga menulis lagu dengan kolaborasi bersama Dere, Petra Sihombing, Topan Abimanyu, dan Yoseph Sitompul. 

    Beberapa di antara lagu dalam lagu ini, juga semakin disempurnakan oleh orkestrasi brilian dari Erwin Gutawa. 

    Puluhan sessionist profesional, paduan suara, hingga orkestrasi besar juga terlibat dalam album ini. 

    “Maka proses musikalisasi album ini menjadikan ada beberapa lagu dalam album yang liriknya lebih rapat dan beberapa melodinya sedikit kompleks, sehingga menjadi beda dari lagu-lagu yang lain,” kata Tulus.

    Album 'Manusia' dirilis bertepatan dengan perayaan 10 tahun Tulus berkarya di industri musik. Juga nantinya bisa didapatkan dalam kemasan spesial 10 Tahun Berkarya. 

    Album ini juga dirilis bersamaan dengan video musik 'Tujuh Belas', dan menjadi lagu pembuka album tersebut yang segera disusul 9 lagu lainnya. 

    Ragam ilustrasi visual juga sudah dipersiapkan untuk terus mengembangkan deras langkah perjalanan karya Tulus dalam bermusik. 

    "Semoga lagu-lagu dalam album ini tumbuh besar dan membesarkan semua hati yang mendengarkan," harap penyanyi 34 tahun itu.

    Buat yang penasaran simak MV 'Tujuh Belas' tulus dari album 'Manusia' di bawah ini ya, Kawula Muda!


    Editor Team

    COMMENT