Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 19 2020

    10 Raja Terkaya di Dunia, Siapa yang Nomor Satu?, Bagian 1

    Hai Kawula Muda, Ratu Elizabeth II masuk 10 raja terkaya gak ya?

    Raja Thailand, King Maha Vajiralongkorn. (TBS NEWS)

    Selama ini orang-orang mengira raja terkaya di dunia adalah Raja Arab Saudi, Sultan Brunei Darussalam, atau Ratu Elizabeth II. Ternyata perkiraan tersebut keliru. Bahkan, Ratu Elizabith II tidak masuk daftar 10 bangsawan terkaya di dunia.

    Melansir dari Gqindia.com, Kamis (15/10/2020), kekayaan bersih Ratu Inggris adalah sebesar 530 juta dolar AS atau sekitar Rp 5,1 triliun. Jika dibandingkan dengan raja atau bangsarawn lain, jumlah itu masih kalah jauh yang umumnya memiliki kekayaan hingga miliaran dolar AS.

    Lantas, siapa sajakah raja dan bangsawan yang masuk dalam 10 terkaya di dunia? Berikut ini urutan ke-10 sampai  ke-6 raja terkaya di dunia.

    10. Pangeran Albert II (Monaco)

    RAJAPangeran Albert II dari Monaco. (TBS NEWS)

     

    Putra dari pesohor legendaris Grace Kelly, Pangeran Albert II, memiliki kekayaan yang diperoleh dari kepemilikannya di Societe des bains de mer de Monaco, yakni sebuah perusahaan yang mengelola kekayaan Kasino Monte Carlo dan Opera de Monte-Carlo.

    Selain itu, ia juga memiliki rumah ibunya di Philadephia. Pernikahannya dengan perenang Olimpiade Afrika Selatan, Charlene Wittstock, yang berlangsung pada 2011 merupakan salah satu pernikahan termahal di dunia.

    Diperkirakan kekayaan bersih yang dimiliki sang pangeran adalah senilai 1 miliar dolar AS atau sekitar 14,7 triliun.

    9. Raja Mohammed VI (Maroko)

    RAJA MAROKORaja Mohammed VI dari Maroko. (TBS NEWS)

     

    Sebagai Raja Maroko, Mohammed VI menerima gaji tahunan sebesar 488.604 dolar AS. Tetapi, selain jadi Raja, ia juga seorang pebisnis dan bankir yang lihai.

    Keluarganya memiliki saham mayoritas di Societe Nationale d’Investissemen (SNI) dengan bisnisnya di berbagai industri seperti perbankan, pertambangan, real-estate, pariwisata, asuransi, telekomunikasi, dan banyak lagi lainnya. Ia juga memiliki banyak tanah di negaranya.

    Laporan Forbes mengatakan bahwa anggaran operasional harian istananya adalah 960.000 dolar AS atau sekitar Rp 14,1 miliar yang dibayari oleh negara bagian Maroko.

    Diperkirakan kekayaan bersih yang dimiliki sang raja adalah sekitar 2,1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 30,78 triliun.

    8. Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani (Qatar)

    RAJA QATAREmir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani dari Qatar. (TBS NEWS)

     

    Kekayaan Sheikh dari Qatar ini berasal dari mendirikan dan mengelola Otoritas Investasi Qatar yang menjaga cadangan minyak dan gas berlebih di negara itu.

    Emir Sheikh Tamim juga terkenal sebagai donatur sebesar 137 juta dolar atau sekitar Rp 2 triliun yang mendukung jaringan berita global pertama di Arab, Al Jazeera.

    Pada 2018, Emir yang belum genap berusia 39 tahun adalah penguasa termuda di dunia. Diperkirakan kekayaan bersihnya adalah 2,1 mliar dolar AS atau sekitar Rp 30,78 triilun.

    7. Pangeran Hans Adam II (Liechtenstein)

    RAJA LEICHTENSTEINPangeran Hans Adam II dari Liechtenstein. (INSTAGRAM/ ROYALY YOURS)

     

    Pangeran Hans Adam II atau Pengeran Liechtenstein adalah pemilik Liechtenstein Global Trust yang merupakan perusahaan kekayaan pribadi milik keluarga terbesar di Eropa. Itu yang menjadikannya raja terkaya di Eropa.

    Ia juga seorang ahli seni yang koleksi mewahnya dipajang di Museum Liechtenstein. Ia juga berutang kekayaan pada investasi yang dilakukan di perkebunan anggur dan perusahaan pertanian.

    Diperkirakan, Pangeran Liechtenstein memiliki kekayaan bersih senilai 3,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 51,45 triliun.

    6. Grand Duke Henri (Luksemburg)

    RAJA LUKSEMBURGGrand Duke Henri dari Luksemburg. (INSTAGRAM/X-U-I-N)

     

    Duke of Luxembourg tinggal di Berg Castle bersama istri, lima anak, dan empat cucunya. Mereka juga memiliki rumah liburan di Cabasson, Perancis Selatan.

    Dilaporkan, keluarga ini menerima lebih dari 300.000 dolar AS setiap tahun sejak 1948 untuk menjalankan fungsi kerajaan mereka.

    Diperkiraan, ia memiliki kekayaan bersih sebanyak 4 miliar dolar AS atau sekitar Rp 58,8 triliun.

    (Bersambung ke bagian 2)

    Editor Team

    COMMENT