Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Sep 22 2022

    1000 Vaksin Cacar Monyet Pertama akan Tiba di Indonesia Akhir Oktober 2022

    Hai Kawula Muda, tetap jaga kesehatan ya.

    Vaksin cacar monyet. (REUTERS)


    Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia mengumumkan bahwa batch awal vaksin cacar monyet akan tiba akhir Oktober 2022. Vaksin tersebut berasal dari perusahaan bioteknologi asal Denmark bernama Bavarian Nordic.

    Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia menjelaskan, pengiriman vaksin cacar monyet ini akan dilakukan secara bertahap.

    DIsebutkan, pada akhir Oktober ini sebanyak 1.000 vaksin cacar monyet akan diterbangkan ke Indonesia.

    "Vaksin monkeypox lagi dipesan, Indonesia kan pesan 2.000 vaksin dari Denmark. Kita datangkan 1.000 dulu, sepertinya pada akhir Oktober," terang Nadia, Selasa (20/9/2022).

    Cacar MonyetIlustrasi cacar monyet (iStock)

     

    Bavarian Nordic merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang bioteknologi terintegrasi, yang berfokus pada pengembangan, pembuatan, dan komersialisasi vaksin yang digunakan pada penyakit menular dan imunoterapi kanker.

    Meskipun belum dibeberkan siapa saja yang berhak menerima vaksin cacar monyet tersebut, pemerintah tetap mengimpor vaksin tersebut sembari terus melakukan pengkajian dengan para panel ahli mengenai sasaran pertama dari vaksin.

    Vaksinasi terhadap cacar monyet ini disinyalir memberikan perlindungan terhadap cacar monyet hingga 85 persen.

    Namun, karena produksi vaksin cacar monyet ini masih terbatas, tidak semua masyarakat akan dapat, vaksin ini nantinya akan diberikan ke kelompok berisiko terlebih dahulu. Mereka adalah orang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien monkeypox atau yang memiliki kontak rutin dengan hewan yang dapat terinfeksi.

    “Karena monkeypox susah, kapasitas produksinya terbatas. Jadi mending kita fokuskan pada yang berisiko tinggi supaya transmisi sudah cukup di situ saja, selesai” imbuh Nadia.

    Kita berdoa bersama ya Kawula Muda, semoga cacar monyet tidak berkembang menjadi pandemi selanjutnya di Indonesia ataupun secara global.

    Editor Team

    COMMENT