Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 04 2021

    3 Juta Vaksin Covid-19 Mulai Didistribusikan ke Seluruh Wilayah Indonesia

    Hai Kawula Muda, vaksin mulai didistribusikan bukan berarti tidak taat lagi protokol kesehatan ya!

    Vaksin Covid-19 Sinovac tiba di Indonesia. (INSTAGRAM/SEKTRETARIAT KABINET)

    Sebanyak 3 juta dosis vaksin Covid-19 yang disimpan di gudang PT Biofarma Bandung, Jawa Barat, telah siap untuk didistribusikan.

    Menurut rencana, vaksinasi akan mulai dilakukan pada pekan kedua atau ketiga Januari 2021 dan para tenaga kesehatan menjadi prioritas penerima vaksin di gelombang pertama.

    Juru bicara vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan, Situ Nadia Tarmizi, menyampaikan, meski sudah siap digunakan, vaksin tersebut masih harus menunggu izin penggunaan darurat atau emergency use auothoriation (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

    “Saat ini dari informasi yang kami dengar bahwa hasil uji klinis di Turki dan Brasil serta dari Universitas Padjajaran memberikan hasil yang cukup baik. Jadi, kami rasanya cukup optimistis dengan jadwal yang kami susun bahwa vaksinasi ini dimulai pada minggu kedua atau ketiga Januari 2021,” ujar Nadia dalam Konferensi Pers di Jakarta, Minggu (3/1/2021).

    Menurut Nadia, vaksinasi akan dilakukan secara bertahap dalam dua periode dan membutuhkan waktu 15 bulan sejak Januari 2021 hingga Maret 2022.

    Periode pertama berlangsung dari Januari hingga April 2021 dan akan memprioritaskan 1,3 juta tenaga kesehatan serta 17,4 juta petugas publik yang ada di 34 provinsi.

    Sementara itu, periode kedua berlangsung selama 11 bulan sejak April 2021 hingga Maret 2022. Pada periode kedua akan ditujukan untuk seluruh masyarakat selain kategori tenaga kesehatan dan petugas publik.

    Hari ini mulai didistribusikan

    Sesuai rencana, hari ini, Senin (4/1/2021), sebanyak 3 juta vaksin Covid-19 dari Sinovac mulai didistribusikan ke seluruh daerah di Indonesia. 

    Mengutip Detik.com, pendistribusian melibatkan berbagai pihak terkait, termasuk aparat keamanan.

    Diberitakan, mobil Baracuda Korps Brimob Polri terlihat mengawal mobil boks berisi vaksin Covid-19 Sinovac kiriman dari Bio Farma di gudang farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Tambakaji, Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah, Senin (4/12/2021) dini hari.

    Jawa Tengah menerima 62.560 dosis vaksin dari total 3 juta dosis. Selain itu, vaksin juga telah tiba di Lampung.

    Sebanyak 40.520 dosis vaksin Covid-19 Sinovac akan disimpan di ruang khusus di UPTD Instalasi Farmasi dan Kalibrasi Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

    Di Palembang, Sumatera Selatan, vaksin Covid-19 juga telah tiba di Gudang (cold room) milik Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Senin (4/1/2021). Vaksin yang tiba di Palembang sebanyak 30.000 dosis. 

    Mengingat Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas, tentunya pendistribusian vaksin membutuhkan waktu tidak sebentar. Selain itu ada skala prioritas, daerah mana yang didahulukan dan dengan jumlah dosis yang disesuaikan.

    Tetap semangat jaga imunitas tubuh, salah satunya dengan terus taati protokol kesehatan ya!

    Editor Team

    COMMENT