Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 04 2021

    6 Bulan Jalankan Misi di ISS, 4 Astronot NASA Kembali ke Bumi

    Kawula Muda, keren ya mereka.

    Para astronot yang baru kembali ke Bumi setelah enam bulan. (TWITTER/NASA)

    Empat astronot yaitu Mike Hopkins, Victor Glover, Shannon Walker, dan Soichi Noguchi, berhasil kembali ke Bumi setelah 6 bulan menjalankan misi di International Space Station (ISS) pada Minggu (02/05/21).

    Pendaratan tiga orang dari National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan satu orang dari Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) dilakukan di kota Panama, Florida, pukul 2.56 waktu setempat menggunakan Crew Dragon milik SpaceX.

    "Selamat datang kembali di rumah, Victor, Michael, Shannon dan Soichi. Tentu saja, selamat kepada tim NASA dan SpaceX yang sudah bekerja keras untuk memastikan pendaratan terjadi dengan aman dan sukses," kata Bill Nelson, mantan senator Florida dan administrator NASA.

    📍Destination: Panama City, Florida

    At 2:56am ET (06:56 UT) , @NASA_Astronauts @AstroVicGlover, @Astro_illini and Shannon Walker along with @Astro_Soichi of @JAXA_en touchdown on Earth after a six-month science mission aboard the @Space_Station. pic.twitter.com/02Qw0BsrNc

    — NASA (@NASA) May 2, 2021

    Salah satu Astronot NASA sekaligus komandan di misi ISS, Mike Hopkins mengucapkan terima kasih untuk segala hal menakjubkan yang sudah terjadi.

    "Atas nama Crew-1 dan keluarga, kami ingin mengucapkan terima kasih, dan sungguh menakjubkan ketika orang-orang berkumpul dan berhasil mencapai sesuatu. Kalian sedang mengubah dunia. Selamat! Sangat menyenangkan bisa kembali lagi," kata Mike dalam sebuah pernyataan resmi NASA.

    Kepala Direktur Penerbangan NASA Holly Ridings mengaku sangat puas dengan kinerja Crew Dragon Resilience milik SpaceX, yang disebut memiliki ketahanan dan tidak memiliki masalah apa pun ketika digunakan.

    "Ketika saya menuju ke sini, helikopter sudah tiba di sana, dan bersiap untuk membawa mereka mendarat. Laporan juga menyebutkan keempat astronot dalam kondisi sangat baik dan bersemangat, dan sudah melakukannya dengan sangat baik," kata Holly dilaporkan dari situs Syfy.

    Misi di ISS merupakan peluncuran pertama yang dilisensikan secara komersial oleh Administrasi Penerbangan Federal, dengan durasi selama 168 hari sejak November 2020.

    Keempat astronot itu telah membuat lebih dari 2.600 putaran mengelilingi planet selama menjalankan misi di ISS, dan memecahkan rekor durasi misi pesawat luar angkasa berawak Amerika yang pada Februari 1974 bertahan selama 84 hari 1 jam 15 menit.

    Editor Team

    COMMENT