Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Apr 19 2020

    Abbey Road Studios, Studio Musik Paling Bersejarah

    Hai Kawula Muda, ini dia studio rekaman paling bersejarah yang berada di London, Abbey Road Studios.

    Salah satu studio yang ada di Abbey Road Studios. (INSTAGRAM/ABBEY ROAD STUDIOS)

    Para penggemar The Beatles pasti tidak asing dengan sampul album ke-11 grup legendaris asal Inggris tersebut, yang berjudul Abbey Road. Di sampul album tersebut, para personel The Beatles terlihat berjalan beriringan di zebra cross seakan sedang menyeberang jalan.

    Siapa sangka, foto ikonik itu ternyata diambil di luar studio rekaman Abbey Road, London. Studio rekaman ini menjadi saksi bersejarah dari perjalananThe Beatles dan banyak musisi lainnya.

    Dibangun pada 1813, bangunan asli Abbey Road Studios merupakan sebuah townhouse di era Georgian. Pada 1931, bangunan tersebut dibeli oleh Gramophone Company, cikal bakal perusahaan Electric and Musical Industries Ltd yang lebih dikenal EMI.


    Terdapat tiga studio dalam Abbey Road Studios, yakni Studio One, Studio Two, dan Studio Three.

    Studio One adalah salah satu studio rekaman terbesar di dunia, yang bisa menampung satu set orkestra dengan 110 alat dan 100 orang pemain.

    Studio Two merupakan studio di mana The Beatles merekam sebagain besar dari musiknya. Dengan ruangan yang cukup besar, studio ini dapat menampung 55 musisi beserta alatnya. 

    Sementara itu, di Studio Three terdapat beberapa kotak kedap suara sebagai fasilitas pembuatan musik yang lebih intens, serta fasilitas mewah seperti ruang bersantai, dapur, dan kamar mandi.

    Musisi Indonesia juga pernah rekaman di Abbey Road Studio

    Abbey Road Studios yang dikenal juga sebagai EMI Studio digunakan secara intensif pada pertengahan abad ke-20. Selain The Beatles, ratusan musisi ternama dunia sudah pernah melakukan rekaman di sini.

    Seperti terlihat dalam unggahan Instagram Abbey Road Studios tujuh minggu lalu, Jon Bon Jovi merekam versi khusus dari single-nya ‘Unbroken’ untuk mendukung @WeAreInnvictusGames, sebagai bentuk kepedulian kepada para veteran yang hidup dengan PTSD dan menghormati jasa mereka. Semua pemasukan dari single ini akan diberikan kepada Invictus Games Foundation.


    GIGIBand GIGI saat berada di kawasan Abbey Road Studios untuk melakukan rekaman. (INSTAGRAM/THOMAS RAMDHAN)

     

    Sementara itu, musisi Indonesia yang pernah melakukan rekaman di sini antara lain adalah band J-Rocks, GIGI, /rif, dan Indische Party.

    Dengan perjalanan yang penuh sejarah, tenaga sound engineer kelas dunia, dan peralatan yang canggih, Abbey Road Studios hingga kini masih menjadi tujuan para musisi untuk merekam karya mereka menjadi berkualitas.

    Editor Team

    COMMENT