Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 28 2021

    Ada Galang Dana Beli Kapal Selam, Indonesia Sebenarnya Mampu Produksi Kapal Selam Dalam Negeri

    Kawula Muda, lo tau gak sih berapa harga satu buah kapal selam?

    ANTARAFOTO/Zabur Karuru

    Indonesia baru saja berduka dengan gugurnya 53 awak kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali. 

    Selasa (27/04/21) kemarin muncul gerakan penggalangan dana untuk membeli kapal selam sebagai salah satu alat utama sistem pertahanan negara (alutsista). Gerakan ini salah satunya diinisiasi oleh Masjid Jogokariyan yang berlokasi di Yogyakarta. Info galang dana Masjid Jogokariyan untuk membeli kapal selam ini diunggah oleh Ustad Abdul Somad lewat akun instagramnya supaya semakin banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui hal ini. 

    Gerakan galang dana ini diakui sebagai perwujudan dari bentuk cinta tanah air. 

    Sejauh ini donasi yang dikumpulkan berjumlah sebesar Rp 300 juta, namun jumlah ini masih terbilang sedikit dengan total jumlah uang yang dibutuhkan untuk membeli satu unit kapal selam. Diketahui harga satu unit kapal selam adalah Rp 16 Triliun, yang merupakan kapal tipe U-209 buatan Jerman. 




    Indonesia sendiri sebenarnya telah mampu memproduksi kapal selam dalam negeri dibandingkan harus membeli satu unit kapal selam. PT PAL Indonesia (persero) telah berhasil memproduksi kapal selam berjenis Chang Bogo Class. 

    Kapal selam jenis Changbogo Class memiliki spesifikasi yang mendukung untuk melakukan operasi dengan suara kebisingan tingkat rendah. Salah satu aset kapal selam produksi PT PAL Indonesia adalah kapal selam KRI Alugoro-405 yang baru diserahterima pada bulan Maret 2021 kemarin.

    Melansir dari Kompas.com, Produksi kapal selam KRI Alugoro-405 merupakan bentuk kerjasama PT PAL Indonesia dengan perusahaan Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME).

    Editor Team

    COMMENT