Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 23 2020

    Antartika Laporkan Kasus Covid-19 Pertamanya, Tak Ada Lagi Tempat yang Aman dan Bebas Virus Corona?

    Hai Kawula Muda, tujuh benua sudah dilaporkan adanya kasus Covid-19. Ayo terus taati protokol kesehatan ya!

    Kehidupan di benua Antartika. (TWITTER)

    Virus corona dikonfirmasi telah mencapai benua Antartika. Padahal sejauh ini, yakni sejak awal pandemi, antartika dinyatakan bebas dari Covid-19.

    Dilansir BBC News, Rabu (23/12/2020), tantara Chile melaporkan telah ada 36 kasus terkonfirmasi Covid-19 di stasiun penelitian Bernado O’Higgins di Semenanjung Antartika.

    Dari 36 kasus itu, 26 di antaranya adalah personel militer dan 10 lainnya menginfeski pekerja pemeliharaan (maintenance), dan semuanya telah dievakuasi ke Chile.

    Berita itu muncul hanya beberapa hari setelah angkatan laut Chile mengonfirmasi tiga kasus di sebuah kapal yang membawa persediaan dan personel ke stasiun penelitian.

    Tujuh benua telah terpapar Covid-19

    Kabar terpaparnya 36 orang yang tengah bertugas di stasiun penelitian antartika tersebut menunjukkan bahwa kasus Covid-19 kini telah tercatat di ketujuh benua di dunia.

    Kapal Sargento Aldea tiba di stasiun penelitian pada 27 November 2020 dan berlayar kembali ke Chile pada 10 Desember 2020. Tiga awak dinyatakan positif setelah mereka kembali ke pangkalan Angkatan laut Chile di Talcahuano.

    Angkatan Laut Chile mengatakan, semua yang melakukan perjalanan ke antartika telah melakukan tes PCR dan semua hasilnya negatif.

    Stasiun penelitian Bernardo P’Higgins adalah salah satu dari empat pangkalan permanen yang dimiliki Chile di Antartika dan dioperasikan oleh tentara.

    Sementara itu, Chile adalah negara yang terkena dampak terburuk keenam di Amerika Latin dengan lebih dari 585.000 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi.

    Editor Team

    COMMENT