Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 18 2021

    Asal-usul Nama Hindia yang Dipakai Baskara Putra untuk Nama Panggungnya

    Kawula Muda, jadi ingat Hindia Belanda kan...

    Musisi Indonesia, Hindia atau Baskara Putra. (INSTAGRAM/BASKARA PUTRA / HINDIA)

    Musisi Indonesia, Baskara Putra, awalnya dikenal sebagai vokalis band rock asal Jakarta bernama Feast. Sejak 2018, ia memulai karier solonya dengan menggunakan nama Hindia, saat merilis lagu No One Will Find Me.

    Awalnya, Baskara menggunakan nama tersebut untuk membedakan antara sosok asli dirinya di kehidupan nyata dan di atas panggung.

    Namun kini, kebanyakan orang justru lebih mengenalnya dengan nama Hindia dibanding nama aslinya. Tak jarang, ketika bertemu orang di tempat umum, ia dipanggil dengan sebutan ‘Mas Hindia’.

    Sebenarnya, apa sih alasan Baskara menggunakan nama panggung ‘Hindia’ dan apa makna di balik nama itu?

    Berbicara kepada sutradara Indonesia, Riri Riza, saat menjadi bintang tamu dalam acara Cabin Fever pada April 2020, Baskara mengungkapkan bahwa nama Hindia diambil dari tulisan ‘Hindia Belanda’ yang tidak sengaja ditemukannya saat melihat lukisan bersejarah karya Raden Saleh, jauh sebelum ia memulai solo kariernya.

    “(Nama) Hindia itu ceritanya sangat panjang. Awalnya dari lukisannya Raden Saleh yang gue lihat. Di bawahnya, kuratorialnya masih ‘Hindia Belanda’. Waktu itu nggak kepikiran apa-apa, karena pas pertama melihat itu masih di (duduk di bangku) sekolah, lihatnya pas study tour. Tapi, pas udah mulai mikir mau pakai nama (panggung) apa, tiba-tiba kepikiran nama ‘Hindia’,” kata Baskara soal asal usul nama Hindia-nya.

    Bukan sekadar nama tanpa makna, ternyata Baskara juga memiliki tujuan khusus di balik penggunaan nama Hindia. 

    Gue iseng cari-cari di Google. At that time kalau kita mengetik kata ‘Hindia’ di Google, yang keluar pasti soal Hindia Belanda dan sejarah kolonialisasi Indonesia oleh Dutch East Indies gitu, oleh VOC. Sebenarnya agak miris karena itu nama milik kita yang diberikan ke kita oleh orang lain yang datang, dan sejarahnya jadi tentang kolonialisai mereka,” ujar penyanyi kelahiran 1994 itu.

    “Jadi waktu gue mikir, kalau gue pakai nama ‘Hindia’ dan konsisten, suatu saat ntar, gue atau anak gue atau cucu gue ngetik ‘Hindia’ di Google, yang keluar bukan sejarah kolonialisasi Indonesia gitu, sesuatu yang diambil dari kita secara paksa dan disematkan sejarahnya oleh orang lain, tapi tentang sebuah (seorang) penyanyi laki-laki dari Indonesia yang menulis lagu dengan bahasa Indonesia untuk orang Indonesia, jadi owning up the name yang dikasih sama orang sana,” tutur Baskara menjelaskan.

    Simak wawancara lengkap Baskara Putra dalam video berikut ini.


    Editor Team

    COMMENT