Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 26 2020

    Aturan Centang Biru di Twitter Diperketat, Begini Caranya!

    Kawula Muda, mau Twitter mu bercentang biru? Yuk, simak caranya!

    Ilustrasi aplikasi Twitter di MacBook Pro. (UNSPLASH)

    Twitter berencana memperbarui kebijakan proses verifikasi untuk akun bercentang biru.

    Hal ini disebabkan adanya beberapa akun Twitter yang seharusnya tidak diverifikasi. Sehingga, perusahaan akan memulai proses itu dengan mencabut verifikasi bagi akun yang sudah tidak aktif atau memiliki profil yang tidak lengkap dan berencana untuk memperluas kebijakan ini selama 2021.

    Pembaruan akan dilakukan pada awal 2021 dan proses dimulai dengan memperjelas beberapa jenis Notable Accounts yang layak untuk mendapatkan verifikasi.

    "Menurut rancangan kebijakan yang baru, rencana terverifikasi biru pada Twitter memudahkan orang mengenali bahwa sebuah akun yang diminati publik tersebut adalah akun asli. Untuk mendapatkan lencana biru, akun Anda harus dikenali dan aktif," ujar Twitter pada Rabu (25/11/2020).

    Twitter membeberkan enam jenis akun yang sudah diidentifikasi untuk dapat diverifikasi adalah pemerintahan, perusahaan, merek dagang, dan organisasi, berita, dunia hiburan, olahraga, serta aktivis, penyelenggara, dan individu berpengaruh lainnya.

    Lebih lanjut, Twitter juga menambahkan kriteria untuk mencabut verifikasi secara otomatis, jika akun tersebut tidak aktif atau memiliki profil tidak lengkap. Hal itu juga akan berlaku terhadap akun-akun terverifikasi yang melanggar peraturan Twitter berulang kali.

    "Rancangan kebijakan ini adalah langkah awal, dan Twitter akan memperluas kategori serta kriteria program verifikasi secara signifikan tahun depan," kata Twitter.

    Twitter juga mengklaim bekerja sama dengan organisasi non-pemerintah lokal serta Dewan Kepercayaan dan Keamanan Twitter untuk memastikan beragam perspektif terwakilkan dalam kebijakan ini.

    "Pengguna juga dapat memberikan masukan tentang rancangan kebijakan ini melalui Twitter. Jangan lupa untuk menggunakan tagar #VerificationFeedback," kata Twitter.

    Periode pemberian saran oleh publik dimulai pada 24 November 2020 hingga 8 Desember 2020. Selama periode tersebut, Twitter akan meninjau saran publik tentang rancangan kebijakan ini dan melatih tim agar lebih siap dengan pendekatan baru ini.

    Kebijakan baru yang sudah final akan diumumkan pada 17 Desember 2020.

    Ada beberapa langkah sesuai ketentuan perusahaan untuk mendapatkan centang biru Twitter.

    Berikut cara mendapatkan verifikasi di Twitter mengutip dari Buffer:

    1. Isi profil kamu sampai lengkap dengan menambahkan profil, foto sampul, nama, website, dan biografi.
    2. Tambahkan nomor telepon yang diverifikasi dan konfirmasi alamat email kamu.
    3. Masukkan tanggal lahir kamu.
    4. Setel cuitan kamu ke 'publik', tidak private.
    5. Kunjungi formulir verifikasi di Twitter.

    Sebagai catatan bila kamu mengajukan permohonan verifikasi profil pribadi dan bukan profil bisnis, kamu perlu menyertakan salinan ID foto seperti paspor atau SIM.

    Jika semua data lengkap dan valid, klik Submit Form. Selanjutnya, Twiter akan me-review profil kamu terkait permohonan centang biru disetujui atau tidak.

    Namun, jika ada data yang kurang, Twitter akan menampilkan peringatan berupa Account Not Eligible for Review. Untuk diingat, Twitter berhak menolak permohonan kamu bila tidak sesuai persyaratan.

    Editor Team

    COMMENT