Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 10 2020

    Baru Lulus SMA, Iga Swiatek Juara French Open 2020

    Kawula Muda, siapa bilang sekolah dan olahraga prestasi tidak bisa jalan beriringan?

    Petenis Polandia, Iga Swiatek. (INSTAGRAM/IGA SWIATEK)

    Siapa sangka gadis kecil berkaus merah yang kala itu menjadi ball kid, 10 tahun kemudian tampil sebagai juara Grand Slam French Open 2020. Dialah Iga Swiatek dari Polandia.

    Iga Swiatek tampil impresif sejak babak pertama French Open 2020 yang dimulai akhir September. Nama petenis 19 tahun itu mulai menjadi perhatian setelah mengalahkan unggulan pertama, Simona Halep, dengan skor telak 6-1, 6-2 pada babak ketiga.

    Setelah itu, Swiatek menjadi salah satu pemain yang paling dinanti penampilannya. Dan, dia tak pernah mengecewakan. Permainan penuh energi selalu ditampilkan Iga. Kemenangan demi kemenangan pun dia raih.

    Terakhir, pada partai final yang berlangsung Sabtu (10/10/2020), Iga Swiatek mengalahkan petenis Amerika Serikat, Sofia Kenin, dengan  6-4, 6-1. Iga merupakan petenis Polandia pertama yang pernah menjuarai French Open.

    Sofia Kenin juga masih berusia muda, yaitu 21 tahun. Dia turun di Roland Garros sebagai unggulan ketiga dan merupakan juara Australian Open 2020, Januari lalu.

    Keluarga atlet

    Lahir di Warsawa, Polandia, Iga Swiatek merupakan putri dari olimpian Tomasz Swiatek. Sang ayah merupakan atlet olahraga dayung yang pernah membela Polandia di ajang Olimpiade 1988.

    Dengan harapan bisa mengikuti jejak sang ayah, Iga Swiatek diperkenalkan pada olahraga dayung sejak kecil. Namun, pilihan hatinya justru jatuh pada tennis. 

    Tak salah pilih, sejak bermain di level junior, Swiatek menunjukkan determinasi dan prestasi yang tidak main-main. Piala Federasi junior dipersembahkan Swiatek untuk negaranya pada 2016.

    Sempat mengalami cedera pada 2017, setahun kemudian Swiatek langsung tancap gas dan sukses menjadi juara Wimbledon Junior 2018.

    Hebatnya, semua prestasi itu diraih Swiatek sambil bersekolah!

    Ya, tidak seperti atlet profesional lain yang mendedikasikan seluruh waktunya untuk tenis, Swiatek masih sempat belajar dan mengerjakan tugas sekolahnya di sela-sela jadwal latihan dan pertandingan.

    Musim jeda kompetisi karena pandemi Covid-19 sejak Februari lalu, dimanfaatkan oleh penggemar band Guns N' Rosses ini untuk mengikuti ujian dan menamatkan sekolahnya.

    Dikutip dari Firstpost.com, melihat peluang besar yang terbuka di hadapannya, Swiatek saat ini mempertimbangkan untuk mulai lebih fokus ke dunia tennis.

    Berkat gelar French Open 2020, Iga Swiatek yang kini berperingkat ke-57 akan menyodok naik ke ranking ke-17 WTA pada awal pekan depan.


    Editor Team

    COMMENT