Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 20 2022

    Batavia Madrigal Singers Sabet Gelar Juara ‘European Grand Prix for Choral Singing’ 2022

    BMS kembali membuat bangga Indonesia setelah kali ini memenangkan European Grand Prix for Choral Singing 2022

    Avip Priatna & Giok Hartono beserta anggota Batavia Madrigal Singers setelah berhasil menjadi juara 31st European Grand Prix for Choral Singing (EGP) 2022 di Tours, Perancis


    Batavia Madrigal Singers (BMS) akhirnya menjadi juara di gelaran European Grand Prix (EGP) for Choral Singing 2022, BMS tampil mengalahkan peserta lainnya yang dilaksanakan di Tours, Perancis. Kemenangan tersebut menjadi kado spesial di ulang tahun BMS yang ke 25.

    Avip Priatna, selaku pendiri dan direktur BMS menyatakan kebahagiaan dan rasa syukurnya atas kemenangan yang diraih oleh BMS.

    “Saya mewakili BMS mengucapkan syukur kepada Tuhan YME dan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mempersiapkan kami sehingga menjadi juara di 31st European Grand Prix for Choral Singing (EGP) 2022 ini. Kami sangat bangga dan tentunya bahagia sekali, walaupun pertandingan ini sempat ditunda 2 tahun karena adanya pandemi COVID-19,” ujar Avip Priatna.

    European Grand Prix for Choral Singing sendiri merupakan sebuah kompetisi paduan suara tertua di dunia. Pada kompetisi tersebut mempertemukan para jawara dari enam kompetisi paling bergengsi di Eropa, seperti Concorso Polifónico Guido d'Arezzo (International Guido d'Arezzo Polyphonic Contest) di kota Arezzo, Italy; Béla Bartók International Choir Competition di kota Debrecen, Hungaria; International Choral Competition Gallus Maribor di kota Maribor, Slovenia; Certamen Coral de Tolosa (Tolosa Choral Competition) di kota Tolosa, Spanyol; Florilège Vocal de Tours (Tours Vocal Competition) di kota Tours, Perancis dan International May Choir Competition "Prof. G. Dimitrov" di kota Varna, Bulgaria.

    Piala Pemenang 31st Grand Prix for Choral Singing 2022Piala Pemenang 31st Grand Prix for Choral Singing 2022

    Sementara itu, alasan BMS bisa terpilih untuk tampil pada ajang EGP  dikarenakan pada tahun 2019 yang lalu, BMS berhasil menjadi juara umum dalam kompetisi Certamen Coral de Tolosa (Tolosa Choral Competition) di Spanyol. 

    Selain itu, di kompetisi yang sama, BMS juga berhasil membawa pulang dua gelar Juara I yakni dalam kategori Polyphony, kategori Basque and Popular Music, serta memperoleh penghargaan Audience Choice Award (Favorit Penonton).

    Kemenangan BMS kali ini menjadi kemenangan paling membanggakan, karena pada periode sebelumnya hanya menjadi finalis di ajang tersebut. Pada tahun 2013 dan 2017, BMS belum bisa menjadi juara pada gelaran European Grand Prix for Choral Singing, dan pada tahun 2022 ini menjadi tahun milik BMS bisa meraih gelar juara.

    BMS bukan satu-satunya wakil Indonesia di ajang tersebut, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjajaran dari Indonesia ikut serta meramaikan European Grand Prix, setelah sebelumnya menjadi juara umum Concorso Polifónico Guido d'Arezzo 2019. Selain itu peserta lainnya adalah Jāzeps Vitols Latvian Music Academy Mixed Choir dari Latvia (juara umum International Choir Competition Gallus) dan Choir SŌLA of the Latvian Academy of Culture yang juga dari Latvia (juara umum Florilège Vocal de Tours). 

    Selamat atas Batavia Madrigal Singers atas pencapaiannya!

    Editor Team

    COMMENT