Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Oct 09 2022

    Bebas Iklan dan Tidak Memata-Matai, Google Dapat Pesaing Baru Buatan Eks Karyawan Sendiri

    Hai Kawula Muda, sekarang Google punya pesaing baru nih!

    Mesin pencarian Neeva, saingan baru Google. (TWIITER)

    Mantan insinyur dan eksekutif Google meluncurkan mesin pencarian baru bernama Neeva. Aplikasi ini digadang-gadang akan menjadi pesaing berat Google karena menawarkan layanan yang punya lebih banyak fitur menguntungkan untuk penggunanya.

    Perusahaan yang berbasis di Mountain View, California ini, secara resmi meluncurkan mesin pencari khusus berlangganan di pasar domestik AS pada Juni tahun lalu, kemudian menambahkan layanan gratis dengan batasan tertentu.

    Berapa bulan berikutnya, Neeva mengklaim telah mengumpulkan lebih dari 600.000 pengguna yang sebagian besar menggunakan layanan gratis, dan sekarang perusahaan mencari pasar yang lebih luas.

    Usaha Neeva untuk memasarkan lebih luas adalah sebagai jawaban dari banyaknya keluhan antimonopoli yang saat ini dihadapi oleh Google.

    Departemen Kehakiman Amerika Serikat awal Oktober ini memasukkan berkas tuntutan anti-monopoli terhadap Google karena mesin pencari search mendominasi pasar.

    Google dituduh secara tidak sah mempertahankan monopoli dengan praktik antikompetisi di pasar laman pencarian dan pencarian iklan.

    Dalam berkas itu disebutkan dalam kontrak Google dengan perusahaan lain terdapat klausul bahwa laman pencari mereka dijadikan setelan utama (default). Google juga menggelontorkan miliaran dolar untuk praktik tersebut.

    Fitur-fitur andalan

    Menurut Pendiri dan CEO Neeva, Sridhar Ramaswamy, Neeva akan lebih unggul dari Google karena memiliki layanan bebas iklan.

    Selain itu, Neeva juga tidak akan memata-matai penggunanya. Secara default, Neeva menggunakan alamat IP seseorang untuk "menyimpulkan" di mana pengguna berada.

    Tetapi pengguna dapat memilih untuk beralih ke lokasi persis mereka saat ini, yang memungkinkan Neeva memberikan hasil yang lebih akurat.

    Kelebihan lainnya adalah kemampuan untuk menyaring sumber informasi tertentu. Misalnya, jika pengguna tidak ingin melihat berita dari media tertentu, mereka dapat memberitahu Neeva untuk tidak memprioritaskan media tersebut di hasil pencarian.

    Neeva tersedia sebagai aplikasi seluler asli di Android dan iOS. Tak cuma di ponsel, Neeva juga tersedia di desktop (Chrome, Edge, Firefox, Safari) melalui ekstensi browser yang memblokir pelacak dan memberikan merek pencarian organik Neeva sendiri.

    Bagaimana menurut Kawula Muda, akankah Neeva bisa bersaing dengan Google Search, atau dengan mesin-mesin pencari lain seperti Bing (Microsoft), Yahoo, dan Baidu dari Tiongkok? Kita tunggu saja kedatangannya di Indonesia ya.

    Editor Team

    COMMENT