Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 06 2021

    Belum Genap Seminggu, Pembatasan Penerbangan Internasional Maksimal 90 Penumpang Dicabut Kemenhub

    Kawula Muda, aturan perjalanan internasional semakin longgar, nih!

    Bandara Soekarno Hatta Cengkareng. (Dok. HUMAS AP II)

    Kawula Muda, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diketahui sempat membatasi kapasitas maksimal 90 penumpang setiap penerbangan internasional yang masuk melalui Bandar Udara Soekarno Hatta. Belum genap sepekan, aturan tersebut tak lagi diberlakukan mulai Senin (4/10/2021) lalu.

    Pasalnya, ketentuan tersebut dihapus lantaran kapasitas pemeriksaan PCR di Bandara Soekarno Hatta telah ditingkatkan. Itulah mengapa Kemenhub menganggap tidak akan ada lagi penumpukan penumpang dan pelanggaran protokol kesehatan, mengingat PCR merupakan salah satu tes Covid-19 yang sangat dipercaya keakuratannya.

    Pun saat ini juga setiap penumpang dari kedatangan internasional wajib melaksanakan karantina selama delapan hari.

    "Dengan adanya peningkatan kapasitas PCR yang ada sekarang, kami menilai pembatasan sudah tidak diperlukan. Namun demikian kami meminta kepada semua stakeholders untuk berkomitmen melaksanakan semua ketentuan dengan baik dan melakukan pengawasan yang optimal," tutur Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto.

    ilustrasi tes pcrIlustrasi tes PCR. (Dok. ANTARA)

     

    Sementara itu, pencabutan aturan tersebut telah tertulis dan ditanda tangani oleh Novie pada Minggu (3/10/2021) dalam surat nomor AU.210/5/1/DRJU.DKP-2021.

    Novie menjelaskan bahwa pemeriksaan PCR di bandara kini bisa mengeluarkan hasil paling lama 1 jam. Tentunya, dengan peningkatan kapasitas dan fasilitas ini bisa membuat penumpang tak lagi mengantre panjang dan mendapatkan pelayanan yang nyaman.

    "Fasilitas ini telah ditingkatkan dengan target menjadi 600 orang per jam dan telah memenuhi ketentuan Lab Bio Security Level II (BSL2)", tambah Novie.

    Seperti yang kita ketahui, pembatasan perjalanan internasional telah diterapkan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 varian baru dari kedatangan internasional. Pun saat ini, kedatangan penumpang di Bandara Soekarno Hatta terlihat semakin ramai. Bahkan, pada bulan Agustus—September 2021 telah mencapai 1.500 penumpang setiap hari.

    Semoga kebijakan tersebut merupakan kebijakan yang tepat, ya, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT