Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Sep 05 2022

    Berani Jual BBM Lebih Murah, SPBU Vivo Milik Siapa?

    Kaya merek Hp tapi jualan bensin

    SPBU Vivo (Instagram/spbuvivoenergyid)


    SPBU Vivo belakangan menjadi ramai dan diserbu masyarakat lantaran mampu menyediakan bensin dengan harga yang lebih murah daripada yang disediakan oleh Pertamina. SPBU Vivo sendiri diketahui merupakan anak perusahaan dari PT Vivo Energy Indonesia. 

    SPBU Vivo IndonesiaSPBU Vivo Indonesia (Instagram/vivoindonesiaspbu))


    PT. Vivo Energy Indonesia sendiri, yang memayungi SPBU Vivo, merupakan perusahaan sektor hilir minyak dan gas bumi yang telah secara resmi beroperasi di Indonesia sejak 2017 lalu. Pada awal kemunculannya, PT. Vivo Energy Indonesia ini memiliki nama Nusantara Energi Plant Indonesia atau disingkat NEPI. Perusahaan ini juga sebenarnya masih terafiliasi dengan Vitol Group, perusahaan minyak dari Swiss.

    Vitol Group sendiri pertama didirikan di Rotterdam dan telah menjadi salah satu perusahaan penyalur BBM terbesar secara global dengan pendapatan yang mencapai 279 miliar dolar AS. Tidak hanya di Indonesia, perusahaan ini juga telah membangun jaringan SPBU di Belanda, Australia, Singapura, Inggris, dan beberapa negara di Benua Afrika.

    Di Indonesia, SPBU Vivo menyalurkan BBM non-subsidi dan hanya menyediakan BBM jenis umum dengan tiga kategori, di antaranya adalah Revvo 89, Revvo 95, dan Revvo 92. Terkhusus pada Revvo 89, jenis BBM ini dianggap setara dengan Pertalite karena memiliki RON atau Research Octane Number di angka 89, satu angka di bawah Pertalite yang memiliki RON 90.

    Sayangnya, kesanggupan SPBU Vivo dalam menyediakan pasokan bensin dengan harga yang lebih murah sebentar lagi akan berakhir akibat adanya penyesuaian harga BBM dari pemerintah. SPBU Vivo yang merupakan SPBU swasta diminta menyesuaikan harga sesuai dengan kenaikan yang sudah ditentukan. 

    Dikutip dari CNN Indonesia, Tutuka Ariadji selaku Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengatakan bahwa sudah ada pembicaraan antara dirinya dan manajemen Vivo terkait hal tersebut. “Dengan adanya penyesuaian harga Pertalite, Vivo akan menyesuaikan harganya segera” ujar Tutuka Ariadji.

    Selain Revvo 89, lebih lengkapnya lagi, SPBU Vivo menyediakan BBM jenis Revvo 92 dengan harga Rp. 15.400 per liter dan BBM jenis Revvo 95 dengan harga Rp. 16.100, Kawula Muda.

    Editor Team

    COMMENT