Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 10 2021

    Bersiap Luncurkan Versi Android, Clubhouse Buka Tahap Pra-registrasi di Google Play Store

    Wahhh, sepertinya sebentar lagi pengguna Android bisa cobain Clubhouse, nih!

    Ilustrasi aplikasi Clubhouse (UNSPLASH/artcoastdesign)

    Setelah tersedia secara eksklusif di perangkat iOS, Clubhouse resmi melebarkan sayap dengan bersiap meluncurkan versi Android. Developer Clubhouse Alpha Exploration diketahui telah membuka tahap pra-registrasi bagi calon pengguna aplikasi tersebut di Google Play Store. Hal ini memungkinkan calon pengguna untuk mencoba menggunakan aplikasi Clubhouse lebih awal.

    Meski demikian, Clubhouse di perangkat Android masih tersedia dalam versi beta. Belum diketahui tanggal peluncuran resmi aplikasi tersebut. Di samping itu, hanya masyarakat di sejumlah kawasan yang mampu mengunduh Clubhouse versi beta.

    Clubhouse memang menyatakan bahwa pihaknya akan menggelontorkan aplikasi secara bertahap, mulai dari Amerika Serikat, sejumlah negara yang berbahasa Inggris, hingga negara-negara lain di seluruh dunia.

    Selain itu, Clubhouse juga menyebut masih akan mengumpulkan saran serta umpan balik (feedback) dari pengguna Amerika Serikat yang berkesempatan mencoba aplikasi selama beberapa minggu. Hal ini bertujuan untuk memastikan Clubhouse Android dapat berjalan dengan sempurna dan terbebas dari bug.

    Dikutip dari Kompas.com, Clubhouse versi beta masih memiliki keterbatasan fitur, seperti kemampuan mengikuti berbagai konten berdasar topik, pembuatan club, penggantian nama pada aplikasi, hingga pembayaran.

    Namun, fitur-fitur tersebut diupayakan akan hadir sebelum Clubhouse merilis versi resminya di perangkat Android.

    Terlepas dari pembaruan tersebut, Clubhouse mengaku masih akan mempertahankan sistem undangan (invite). Artinya, pengguna Clubhouse harus mendapat undangan dari pengguna lain untuk dapat menggunakan aplikasi.

    Rilis perdana di perangkat iOS pada 2020 lalu, Clubhouse menjadi salah satu aplikasi populer karena dinilai berhasil menciptakan gebrakan dalam dunia jejaring sosial. Kepopuleran Clubhouse bahkan membuat sejumlah perusahaan aplikasi lain seperti Facebook dan Twitter berupaya meluncurkan fitur serupa.

    Sayangnya, dalam beberapa bulan terakhir, jumlah unduhan Clubhouse diklaim mengalami penurunan. Dikutip dari Kompas.com, unduhan Clubhouse turun menjadi hanya 992.000 pada April 2021.

     Laporan Tech Crunch juga menyatakan bahwa Clubhouse kini sedang berjuang mempertahankan pertumbuhannya. Namun, pihak Clubhouse yakin bahwa kehadiran aplikasi dalam versi Android akan mampu melengkapi kekurangan yang ada saat ini.

    Editor Team

    COMMENT