Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 13 2021

    Black Box Sriwijaya Air SJ 182 Berhasil Ditemukan!

    Kawula Muda, ini dia update seputar Sriwijaya Air SJ 18!

    Ilustrasi Black Box (AEROTIME)

    Black Box menjadi komponen yang krusial untuk ditemukan oleh Basarnas. Komponen ini merekam seluruh data penerbangan yang bisa digunakan untuk menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air.

    Dengan bantuan scan sonar dan multibeam echosounder (MBES), penyelam berhasil menemukan black box di dekat Pulau Laku dan Lancang, Kepulauan Seribu, Jakarta pada Selasa (12/1/2021).

    Penemuan ini didapat oleh gabungan tim SAR bersama dengan TNI Angkatan Laut.

    Setelah Black Box ini berhasil ditemukan, tim langsung membawanya ke JICT 2 Tanjung Priok untuk tindak lanjut. Black Box diharapkan berguna untuk menindaklanjuti penyebab jatuhnya pesawat Boeing 737-500 ini.

    Pasalnya, Black Box turut menyimpan seluruh hasil komunikasi pilot melalui Cockpit Voice Recorder (CVR).
    Tidak hanya itu, data dari Flight Data Recorder (FDR) mampu memberikan gambaran penyebab pasti jatuhnya pesawat dengan nomor penerbangan SJ 182. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) juga telah mengantongi transkrip pembicaraan pilot dengan menara ATC sebagai pelengkap data pemeriksaan.

    Perkembangan kasus pesawat Sriwijaya Air SJ 128 sudah mencapai lima hari sejak Sabtu (9/1). Pesawat yang awalnya dijadwalkan terbang menuju Bandara Supadio, Pontianak, ini jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

    Penerbangan ini melibatkan 62 orang, termasuk 6 orang awak pesawat. Penemuan terkini dari tim pencarian telah membawa sekitar 139 kantong jenazah dan 26 potongan pesawat.

    Editor Team

    COMMENT