Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 24 2020

    BTS Sumbang 1 Juta Dolar untuk Kru Konser Terdampak Covid-19

    Hai Kawula Muda, BTS kembali menunjukkan kepedulian, kali ini mereka berdonasi 1 juta dolar AS untuk kru konser yang terdampak Covid-19.

    Boygroup asal Korea Selanta, BTS. (INSTAGRAM/BTS OFFICIAL)

    Pandemi Covid-19 berdampak sangat luas, termasuk ke dunia hiburan. Beruntung, tak sedikit entertainer kenamaan memberi perhatian khusus terhadap hal ini.

    Salah satunya adalah BTS yang memberi bantuan dalam jumlah 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 14 miliar terhadap korban virus corona.

    BTS memang dikenal peduli terhadap berbagai isu sosial. Sebelum ini, mereka telah menunjukkan dukungan untuk gerakan Black Lives Matter dengan donasi senilai kurang lebih 1 juta dolar AS.

    Seiring dengan pandemi yang menghentikan konser, kecuali secara virtual, banyak kru yang kehilangan penghasilan mereka.

    Imbas pandemi juga dirasakan oleh BTS yang tak bisa menghibur fans secara langsung dalam sebuah konser. Tur dunia mereka, Map of the Soul, yang seharusnya dimulai April 2020 harus dibatalkan.

    Berbagai agenda pengganti akhirnya dilakukan secara virtual.

    “Jika bukan karena Covid-19, saat ini kami bakal sangat gembira melakukan tur ke seluruh dunia dengan kru konser kami,” kata BTS dalam pernyataannya.

    Donasi terbesar

    Donasi senilai 1 juta dolar AS digalang oleh BTS dan diserahkan untuk proyek Crew Nation, yakni gerakan yang digagas oleh Live Nation, salah satu penyelenggara event musik terkemuka yang mengajak artis dan penonton untuk bahu-membahu menopang kehidupan para kru konser.

    Pihak Live Nation terkesan dengan donasi yang diberikan oleh BTS sebagai artis. Jumlah uang tersebut adalah yang terbesar sejauh ini dari kalangan entertainer.

    “Ini merupakan donasi terbesar yang pernah diberikan oleh artis sejak dimulainya kampanye Crew Nation,” ujar perwakilan Live Nation dilansir dari Soompi, Selasa (23/6/2020).

    Dana tersebut akan disalurkan kepada para kru dengan masing-masing menerima 1.000 dolar AS atau sekitar Rp 14 juta rupiah. Penerima bantuan tersebut diprioritaskan kepada mereka yang sebagian besar pendapatannya hanya dari konser.

    “Kami menyadari komunitas ini memerlukan bantuan karena Covid-19, sehingga kami ingin mendukung industri musik lewat donasi. Kami berharap bisa segera bertemu lagi dengan kalian di atas panggung,” tutur BTS.

    Sementara itu, CEO Big Hit Global, Lenzo Yoon berharap, bantuan dari BTS dan Big Hit bisa meringkankan beban hidup para kru konser di seluruh dunia. Sangat disayangkan bahwa industri musik harus melalui masa sulit pada saat ini,” ujar Lenzo Yoon.

    Lebih dari 70 kru konser yang terlibat di tur BTS di AS telah menerima sumbangan tersebut. Dua puluh persen di antaranya adalah kru senior yang telah bekerja selama lebih dari 16 tahun.

    Donasi ini terbuka bagi kru konser dari berbagai negara. Mereka bisa mendaftar di Crew Nation.

    Editor Team

    COMMENT