Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Aug 03 2022

    Bumi Berputar Lebih Cepat dari Biasanya, Waktu di Dunia Lebih dari 24 Jam!

    Udah terjadi dari akhir Juni sampai 3 Agustus kemarin, loh.

    Foto bumi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional oleh astronot NASA. (INSTAGRAM/nasaearth)


    Menurut pengukuran dari Laboratorium Fisika Nasional Inggris mengungkapkan, Bumi berputar lebih cepat dari biasanya, loh Kawula Muda. Hal ini membuat hari lebih pendek dari biasanya.

    Dikutip dari laman Sindo News, Rabu (03/08/2022), planet baru-baru ini mencatat peningkatan kecepatan rotasi. Pada 29 Juni sampai 3 Agustus 2022, Bumi menyelesaikan rotasi penuh dalam 1,59 milidetik kurang dari rotasi standar 24 jam.

    Para ilmuwan memberikan peringatan, jika kecepatan rotasi terus meningkat, kita mungkin perlu menghilangkan satu detik dari jam atom kita.

    "Jika rotasi cepat Bumi berlanjut, itu bisa mengarah pada pengenalan detik kabisat negatif pertama," astrofisikawan Graham Jones melaporkan lewat TimneandDate, melansir dari Suara.

    BUMIIlustrasi planet Bumi. (FREEPIK)

    Walaupun penyebab dari kecepatan rotasi Bumi yang berbeda masih belum diketahui, para ilmuwan berspekulasi bahwa itu mungkin karena proses yang terjadi di lapisan dalam dan luar inti, lautan, pasang surut atau perubahan iklim.

    Peneliti juga percaya kalau itu mungkin terkait dengan pergerakan kutub geografis Bumi di permukaannya, yang dijuluki 'Chandler Wobble'.

    Sementara itu, beberapa ahli percaya pencairan dan pembekuan kembali lapisan es di gunung tertinggi di dunia dapat jadi penyebab kecepatan yang tidak teratur oleh Bumi.

    Akan tetapi, belum ada cara yang tepat untuk mengetahui secara pasti kenapa Bumi berputar lebih cepat.

    Editor Team

    COMMENT