Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 26 2021

    Cek Syarat Khusus untuk Menerima Vaksin Moderna!

    Kawula Muda, vaksin Moderna diprioritaskan bagi pasien autoimun dan komorbid

    Vaksin Moderna (PEXEL/Mufid Majnun)

    Sebanyak 8 juta dosis vaksin Moderna telah datang ke Indonesia lewat hibah Covax Facility. Dinas Kesehatan DKI Jakarta menerapkan beberapa syarat bagi warga Jakarta yang ingin mendapat vaksin Moderna dilansir dari indonesia.go.id.

    1. Vaksin Moderna hanya diberikan kepada masyarakat umum yang belum pernah menerima suntikan dosis vaksin Covid-19 pertama maupun kedua. Warga diminta membawa surat keterangan belum pernah vaksin dari fasilitas kesehatan.
    2. Vaksin Covid-19 Moderna diberikan untuk masyarakat yang tidak dapat menggunakan vaksin AstraZeneca dan Sinovac. Hal itu berdasarkan surat keterangan dokter di faskes tingkat pertama maupun lanjutan.
    3. Vaksin Moderna saat ini diprioritaskan untuk kelompok masyarakat yang memiliki kondisi immunocompromised.

    Kondisi immunocompromised termasuk gangguan autoimun, gagal ginjal, serta kanker. Selain itu, vaksin Moderna juga disarankan untuk kelompok lansia, anak, dan remaja, hingga ibu hamil. Di luar kondisi tersebut, warga diarahkan untuk memilih jenis vaksin lainnya. 

    Syarat dan ketentuan tersebut tertuang pada surat nomor 8561/-1.772.1 yang ditandatangani pada Senin (16/08/2021) oleh Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti. Surat tersebut berlaku di seluruh fasilitas kesehatan di Jakarta.

    Vaksin Moderna Sulawesi UtaraVaksin Moderna saat didistribusi ke Kota Tahuna, Sulawesi Utara (Indonesia.go.id/ANTARA FOTO/Stenly P)

     

    Di Jakarta, terdapat 35 sebaran fasilitas kesehatan yang melayani program vaksin Moderna. Beberapa di antaranya adalah RSUP Cipto Mangunkusumo, RSPAD Gatot Subroto, RSUD Tarakan, RS ST Carolus, dan RS Abdi Waluyo.

    Daerah di luar Jakarta seperti Tangerang, Sulawesi Selatan, dan Banten juga sudah memulai vaksinasi dengan vaksin Moderna.

    Selain Moderna, Indonesia juga memiliki vaksin lainnya seperti Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, serta Sinopharm. 

    Editor Team

    COMMENT