Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Aug 24 2022

    China Lakukan Tes PCR kepada Ikan untuk Cegah Penyebaran Covid-19

    Sebelumnya, China juga lakukan tes PCR kepada kucing hingga ayam, Kawula Muda!

    Ilustrasi ikan (UNSPLASH/SEBASTIAN PENA LAMBARRI)


    Jika biasanya pemerintah mengimbau warganya melakukan Tes PCR untuk mengecek infeksi Covid-19, hal berbeda dilakukan pemerintah China.

    Tidak hanya kepada manusia, negeri tirai bambu tersebut juga melakukan tes PCR kepada berbagai hewan.

    via GIPHY

    Sebelumnya, China diketahui mengambil sampel dari kucing dan ayam. Namun, kini mereka juga mulai melakukan tes PCR kepada berbagai tangkapan hewan laut. Mulai dari ikan, kepiting, hingga udang. 

    Mengutip Asumsi, terdapat sebuah video yang viral di media sosial. Video tersebut menyorot para pekerja medis dari kota pesisir di China yang memeriksa tangkapan hewan laut.

    Dengan hazmat putih dan sarung tangan, mereka memasukkan cotton bud ke mulut ikan, kepiting, hingga udang.

    Kebenaran video tersebut pun diklarifikasi oleh pemerintah Xiamen. Sebagai informasi, kota tersebut merupakan kota wisata yang terkenal serta terletak di provinsi pesisir tenggara China. 

    “Kami menguji manusia serta apa yang mereka tangkap pada saat yang sama - uji sampel untuk batch makanan laut yang sama. Kami bukan satu-satunya tempat yang melakukan ini,” tutur salah satu staf Biro Pengembangan Kelautan Kota Xiamen mengutip China Morning Post pada Rabu (24/08/2022). 

    Lebih lanjut, ia mencontohkan Hainan, yang juga mengalami penularan wabah yang serius. Disebutkan pada surat kabar Hainan Daily bahwa ribuan orang di Provinsi Hainan telah terinfeksi subvarian Omicron saat pertama kali ditemukan di China. 

    Adapun kemungkinan transmisi wabah tersebut diduga besar dipicu oleh transaksi hasil laut antara nelayan lokal.

    Editor Team

    COMMENT