Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Oct 20 2022

    Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya di Indonesia Versi Majalah Forbes 2022

    Hai Kawula Muda, semoga kelak ada nama kamu ya di daftar Forbes.

    10 orang terkaya di Indonesia. (TWITTER)


    Siapa orang terkaya di Indonesia tahun 2022 ini? Majalah Forbes lewat Forbes Real Time Billionaire telah memperbarui daftar 10 besar orang terkaya di Indonesia pada 2022.

    Dan seperti sudah banyak diduga, tempat pertama masih belum bergeser dari Hartono bersaudara pemilik Grup Djarum dengan total kekayaan mencapai 300 triliun rupiah.

    Berikut deretan nama orang terkaya di Indonesia tahun 2022 versi majalah Forbes:

    1. R. Budi Hartono dan Michael Hartono

    Dua bersaudara pendiri Djarum Group ini memiliki total kekayaan yang mencapai Rp313,9 triliun (21,4 miliar dolar Amerika) dan Rp302 triliun (20,6 miliar dolar Amerika). Di level dunia, Hartono bersaudara menduduki peringkat 64 dan 69 orang terkaya di dunia.

    2. Chairul Tanjung

    Pemilik CT Corp, Chairul Tanjung, menempati peringkat kedua orang terkaya di Indonesia 2022 dengan kekayaan bersih sekitar Rp110 triliun (7,5 miliar dolar Amerika) dan masuk peringkat 263 dunia.

    3. Sri Prakash Lohia

    Sri Prakash Lohia masuk dalam urutan ketiga orang terkaya di Indonesia. Pemilik perusahaan tekstil dan petrokimia terbesar di Indonesia, Indorama Corporation itu memiliki kekayaan sebesar Rp96,8 triliun (6,6 miliar dolar Amerika). Sri Prakash Lohia juga memperoleh posisi 404 secara global.

    4. Prajogo Pangestu

    Urutan ke-4 orang terkaya di Indonesia diduduki oleh Prajogo Pangestu yang mengelola Grup Barito. Jumlah harta yang berhasil dikumpulkannya mencapai Rp79,2 triliun (5,4 miliar dolar Amerika). Sementara di tingkat dunia, ia menempati rangking 471.

    5. Low Tuck Kwong

    Pendiri Bayan Resources, Low Tuck Kwong sukses menduduki urutan kelima orang terkaya di Indonesia. Total kekayaannya tercatat sebesar Rp54 triliun (4,1 miliar dolar Amerika). Sedangkan di tingkat global, ia naik posisi ke urutan 801.

    6. Theodore Rachmat

    Theodore Rachmat pemilik Triputra Group yang membawahi beberapa anak bisnis, seperti PT. Adi Sarana Armada Tbk. Dan PT. Dharma Satya Nusantara Tbk berhasil masuk dalam peringkat keenam orang terkaya di Indonesia. Ia juga masuk dalam peringkat 913 orang paling tajir di dunia. Jumlah harta bersihnya mencapai Rp48 triliun (3,3 miliar dolar Amerika).

    7. Wijono dan Hermanto Tanoko

    Wijono dan Herman Tanoko adalah pemilik kerajaan bisnis Avia Avian menyasar industri pengolahan dan perdagangan cat. Sampai saat ini, keduanya berhasil mengumpulkan kekayaan setara Rp46,9 triliun (3,2 miliar dolar Amerika). Di dunia, Wijono dan Hermanto Tanoko berhasil masuk dalam kelompok orang-orang terkaya dunia di peringkat 1.012.

    8. Djoko Susanto

    Pemilik Alfamart yang cabangnya tersebar di seluruh wilaya Indonesia, Djoko Susanto menjadi orang kedelapan terkaya di Indonesia dengan kekayaan terhitung Rp41 triliun (2,8 miliar dolar Amerika).

    9. Martua Sitorus

    Dengan kekayaan mencapai Rp40,5 triliun (2,9 miliar dolar Amerika), Martua Sitorus masuk dalam peringkat ke-9 orang terkaya di Indonesia. Sedangkan versi global, ia menempati rangking 1.052 pada tahun 2022. Martua Sitorus merupakan bos produsen salah satu bahan pokok yaitu produk minyak sawit Wilmar International.

    10. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

    Eddy Kusnadi Sariaatmadja mengelola PT. Elang Mahkota Teknologi (Grup Emtek) yang bergerak di sektor media dan telekomunikasi, teknologi, serta pembangunan dan industri. Lewat bisnisnya itu Eddy Kusnadi berhasil menduduki posisi kesepuluh orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaannya sekitar Rp44 triliun (3 miliar dolar Amerika).

    Editor Team

    COMMENT