Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    May 21 2022

    Dari Afrika hingga Menyebar ke Eropa, Apa Sebenarnya Cacar Monyet?

    Hai Kawula Muda! Udah tau belum apa itu cacar monyet?

    Ilustrasi cacar monyet (Istockphoto/CactuSoup)

    Belakangan mulai ramai muncul kasus cacar monyet atau monkeypox yang kian menyebar di Eropa dan Amerika.

    Yang paling baru di Swedia sudah mendapati kasus pertama cacar monyet, setelah sebelumnya Inggris, Spanyol, Portugal, Amerika Serikat dan Kanada lebih dulu melaporkan temuan pertamanya.

    Setelah Swedia, Italia juga melaporkan temuan pertamanya pada kasus cacar monyet ini. Italia melaporkan adanya kasus cacar monyet setelah seorang anak muda dilaporkan terinfeksi cacar monyet usai bepergian dari Pulau Canary, Spanyol.

    Cacar monyet merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus cacar monyet atau monkeypox virus (MPXV). Dilansir dari laman CDC, virus tersebut merupakan bagian dari genus Orthopoxvirus. Genus ini sama seperti virus serupa yakni virus variola (penyebab cacar), virus vaccinia (digunakan dalam pembuatan vaksin) dan virus cacar sapi (cowpox virus).

    VIRUSIlustrasi virus. (UNSPLASH)

    Seperti namanya cacar ini memang berasal dari infeksi pada hewan monyet. Jauh sebelum menyebar ke Eropa pada saat ini, Pada tahun 1958, terdapat kejadian luar biasa (KLB) berupa cacar pada koloni monyet di laboratorium penelitian monyet di Copenhagen, Denmark.

    Kasus cacar monyet pertama pada manusia justru sudah ditemukan pada tahun 1970 di Republik Demokratik Kongo. Sedangkan kasus di Asia ditemukan pertama kali ditemukan di Singapura pada tahun 2019 silam.

    Sejak saat itu cacar monyet terus menyebar di Afrika Tengah dan Barat, dan menjadi sebab virus ini berasal dari Afrika. Saat ini kasus cacar monyet kembali ramai lantaran penyebarannya di Eropa dan Amerika kian masif.

    Editor Team

    COMMENT