Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 07 2021

    Dipercaya Bisa Obati Covid-19, Ini Perbedaan Kelapa Muda dan Kelapa Hijau

    Wah, ternyata kelapa banyak manfaatnya ya, Kawula Muda!

    Kelapa (unsplash.com/@utsmanmedia)

    Selain susu beruang, kelapa hijau juga dipercaya bisa mengobati Covid-19 sehingga banyak diburu orang dan menyebabkan kelangkaan di pasaran. Permintaan yang melonjak juga membuat harga kelapa hijau jadi naik tinggi. 

    Di kota Bandung, sempat terjadi panic buying kelapa hijau hingga menyebabkan harga dari satu buah kelapa hijau mencapai 50 ribu rupiah. 

    Namun, sebenarnya ada dua jenis kelapa yang biasa dikonsumsi yaitu kelapa muda dan kelapa hijau. Keduanya sama-sama buah kelapa, tetapi memiliki banyak perbedaan. 

    Dari bentuk fisiknya memang akan susah untuk dibedakan. Akan lebih mudah melihat bedanya kalau sudah dibelah. Kelapa muda memiliki serat berwarna kecoklatan sedangkan kelapa hijau seratnya berwarna kemerahan. 

    Kemudian kandungan air dari kelapa hijau jauh lebih banyak dan rasa airnya juga lebih manis jika dibandingkan dengan kelapa muda. 

    Untuk daging pada kelapa muda teksturnya lebih keras sedangkan kelapa hijau dagingnya lebih lembut dan kenyal. 

    Harga dari kedua kelapa ini juga berbeda. Kelapa hijau memiliki harga yang lebih mahal karena dinilai punya lebih banyak manfaat.

    Manfaat dari kelapa hijau di antaranya bisa menetralisir racun, mengatasi sakit kepala dan rambut rontok, menjaga kesehatan ginjal dan jantung.

    Sementara itu, kelapa muda bermanfaat untuk mencegah batu ginjal, mengurangi tekanan darah, dan meningkatkan stamina tubuh. 

    Sayangnya, hingga kini belum ada penjelasan ilmiah tentang benar atau tidaknya kelapa hijau bisa mengobati Covid-19. 

    Editor Team

    COMMENT