Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 30 2021

    Eating Mask, Masker Hidung Khusus untuk Makan dan Minum

    Hai Kawula Muda, makan dan minum tetap pakai masker? Bisa kok!

    Eating Mask atau Masker Hidung, untuk makan dan minum. (TANGKAPAN LAYAR)

    Salah satu hal yang wajib dilakukan pada masa pandemi Covid-19 adalah memakai masker. Sayangnya, saat sedang makan ataupun minum, mau tak mau masker dilepas.

    Padahal, hal tersebut bisa berisiko memperbesar jalan masuk virus ke dalam tubuh melalui lubang mulut dan hidung yang terbuka.

    Untuk itulah, belum lama ini para peneliti di Meksiko menemukan cara unik untuk bisa makan sambil mengenakan masker. Mereka menciptakan masker hidung untuk menangkal virus corona.

    Seperti namanya, master ini hanya menutupi area hidung. Bentuknya kecil dan bisa dikombinasikan dengan masker mulut. Jadi, saat ingin makan, kalian hanya perlu melepaskan masker mulut.

    Dalam video yang dikutip dari Reuters, terlihat seorang perempuan dan laki-laki mendemonstrasikan penggunaan masker hidung ini. Selain bentuknya kecil, masker yang disebut eating mask ini juga digunakan sama seperti masker pada umumnya, yakni tali pengait yang diletakkan di belakang telinga.

    Hidung adalah pintu masuk utama

    Mengutip New York Post (24/3/2021), cara penggunaannya adalah dipakai sebelum kalian mengenakan masker normal yang penuh. Jadi, ketika masker normal dilepas, masih ada satu lagi masker kecil yang menutup hidung.

    Penemuan ini banyak disambut positif oleh para ahli karena memang dapat mengurangi risiko transmisi.

    Menurut John Hopkins University, hidung merupakan pintu masuk utama virus corona. Jadi, keberadaan masker hidung dianggap sangat penting.

    Sayangnya, tidak diketahui siapa peneliti yang menemukan inovasi ini atau di mana ia bekerja, termasuk apakah masker ini sudah dapat didapatkan oleh publik atau belum.

    Sementara itu, melansir Fox 29, ahli penyakit menular dari Amerika Serikat, dr Anthony Fauci menyebutkan bahwa penggunaan masker berlapis seperti ini meningkatkan daya proteksi yang ditawarkan.

    Jadi, peggunaan masker ganda dinilai lebih baik dalam mencegah virus masuk, dibanding hanya satu lapis.

    Hingga saat ini memang tak ada anjuran spesifik untuk mengenakan masker berlapis ganda. Namun, memakai masker berlapis ganda dipercaya akan menghalangi masuknya virus melalui droplet hingga 70 persen.

    MASKER HIDUNGEating Mask atau Masker Hidung, untuk makan dan minum. (TANGKAPAN LAYAR)

    Meski banyak yang menyambut positif, ternyata tidak sedikit juga yang menganggap masker hidung ini aneh. Karena saat digunakan memang terlihat tidak biasa dan mirip dengan apa yang selama ini digunakan oleh badut.

    Nah, kalau menurut kalian bagaimana?

    Editor Team

    COMMENT