Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 13 2020

    Elon Musk Terinfeksi Covid-19?

    Hai Kawula Muda, benarkah Elon Musk positif Covid-19?

    CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk. (INSTAGRAM/ELON MUSK)

    Setelah banyak nama besar dan orang terkenal yang terinfeksi Covid-19, kali ini giliran salah satu orang terkaya di dunia, Elon Musk, yang mulai mencurigai kalau dirinya terinfeksi virus yang belum ditemukan vaksinnya tersebut.

    Melalui cuitannya, Musk mengaku mengalami gejala umum. Dia kemudian melakukan tes Covid-19 empat kali di hari yang sama. Dua tes hasilnya negatif, sedangkan dua tes lainnya hasilnya positif.

    Hal itu tentu saja membuatnya curiga kalau ia telah tertular Covid-19.

    “Sesuatu yang aneh terjadi. Saya telah diuji untuk Covid-19 sebanyak empat kali hari ini. Dua tes hasilnya negatif, dua lagi positif. Mesin yang sama, tes yang sama, perawat yang sama dengan menggunakan tes antigen yang cepat (rapid tes),” tulisnya di akun @elonmusk, Jumat (13/11/2020).

    Elon Musk kemudian mengatakan, dia melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dari lab terpisah untuk memastikan positif atau tidaknya, dan hasilnya akan memakan waktu sekitar 24 jam ke depan.

    “Jika ini terjadi pada saya, hal serupa juga bisa terjadi pada orang lain,” katanya menjawab pertanyaan warganet tentang penyebab terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

    Sebelumnya, CEO SpaceX dan Tesla ini mengungkapkan pandangannya yang kontrovesial tentang pandemi Covid-19 yang tengah terjadi. Bahkan, sejumlah pernyataannya dianggap menyesatkan, antara lain dengan mengatakan bahwa anak-anak pada dasarnya kebal terhadap virus.

    Di kesempatan lain, Musk juga pernah mengatakan pada Maret 2020 bahwa Amerika Serikat akan hampir nol kasus Covid-19 baru pada akhir April 2020.

    Pada kenyataannya, Amerika justru menjadi negara terbanyak yang penduduknya terinfeksi Covid1-19 di dunia.

    Tes antigen cepat (rapid tes) yang dilakukan Musk diketahui tidak sepenuhnya akurat. Itulah sebabnya tes ini lebih sering digunakan untuk screening awal apakah seseorang tertular Covid-19 atau tidak.

    Untuk lebih menyakinkan, maka tes PCR harus dilakukan. Kini, Musk tengah menunggu hasil dari uji PCR-nya yang akan menyatakan apakah dirinya positif atau negatif Covid-19.

    Editor Team

    COMMENT