Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 07 2020

    Eric Trump Tertangkap Basah Bagikan Video Hoaks Pembakaran 80 Surat Suara untuk Donald Trump

    Hai Kawula Muda, sepertinya ayah dan anak kompak banget ya?

    Eric Trump bersama sang ayah, Donald Trump. (TWITTER/ERIC TRUMP)

    Pada Kamis (5/11/2020) pukul 15.40 waktu Amerika Serikat, putra Presiden Donald Trump, Eric Trump, membagikan ulang (retweet) video berisi pembakaran surat suara untuk ayahnya kepada 4,4 juta pengikutnya di Twitter.

    Video tersebut menampilkan seorang pria dengan kantong plastik penuh kertas yang terlihat seperti surat suara. Kertas tersebut disiram dengan cairan dan dibakar.

    Orang yang wajahnya tidak terlihat dalam video tersebut mengklaim kalau 80 surat suara tersebut semuanya untuk Donald Trump.

    Meski lokasinya tidak disebutkan, dari keterangan dapat terlihat kalau kertas berasal dari Virginia Beach, Virginia. Pejabat kota setempat pun langsung melakukan penyelidikan.

    Kemudian pada pukul 5 sore waktu setempat, pejabat kota merilis pernyataan yang membongkar tentang video tersebut dan memperlihatkan bukti foto sebagai pendukung klaim mereka.

    “Seorang warga yang merasa prihatin telah membagikan video kepada kami seolah-olah menunjukkan kalau seseorang telah membakar surat suara. Tetapi, kami tegaskan bahwa itu BUKAN surat suara resmi, itu hanya surat suara sampel atau contoh,” begitu bunyi pernyataan dari pejabat kota Virginia Beach, seperti dikutip dari nydailynews.

    Pemerintah kota juga merilis gambar tangkapan layar dari video dugaan pembakaran suara dan dibandingkan dengan surat suara resmi.

    “Perhatikan, tidak ada tanda bar code yang ada di semua surat resmi,” tulis pejabat kota lagi.

    Surat suara dalam video tersebut juga menunjukkan nama-nama kandidat yang mencalonkan diri untuk kantor federal, walikota, dewan kota, dan kursi ewan sekolah di Pantai Virginia.

    Unggahan Eric tentang “Membakar 80 surat suara Trump” tersebut telah dibagikan ulang lebih dari 37.000 kali dan 51.000 orang yang suka.

    Namun, sebuah akun Twitter resmi untuk kota Virgina Beach dengan cepat merespons, “Itu adalah sampel surat suara. Sudah ditangani kemarin”.

    Sayangnya, meski sudah ditanggapi bahwa itu bukan surat suara resmi, Eric Trump masih belum menghapus tweet-nya tersebut, walaupun videonya sudah tak ada lagi karena akun penyebar video pembakaran surat suara pertama kali telah ditangguhkan.

    Editor Team

    COMMENT